Sandiaga Uno Usulkan Vaksinasi Pekerja Wisata Mulai Maret

loading...
Sandiaga Uno Usulkan Vaksinasi Pekerja Wisata Mulai Maret
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno. Foto/Dok SINDOnews
BANDUNG - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI (Menparekraf) Sandiaga Uno bakal mengajukan vaksinasi COVID-19 bagi pelaku sektor pariwisata dan ekonomi kreatif pada Maret 2021.

Menurut Sandiaga, pihaknya malam ini akan bicara dengan Menteri Kesehatan atas kondisi pariwisata di Indonesia. Bahwa di beberapa daerah ada 34 juta pelaku sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang perlu dapat prioritas untuk memperoleh vaksinasi.

Baca Juga: Banyak Aset Wisata Dijual, Sandiaga Uno Janji Beri Pinjaman Likuiditas pada Pemilik Fasilitas Parekraf

"Harapannya bisa dimulai segera pada awal atau pertengahan Maret 2021, kick off-nya kita usulkan di Bali. Karena di Bali yang paling terdampak sektor pariwisata dan ekonomi kreatifnya," ujar Sandiaga di Bandung, Senin (22/2).

Menurut dia, pekerja sektor pariwisata perlu segera mendapat vaksinasi, karena bersentuhan dengan banyak masyarakat. Mereka termasuk rentan terkena COVID-19 sehingga sangat penting mendapat imunitas dari program vaksinasi. Apalagi pemulihan pariwisata dan ekonomi kreatif amat bergantung pada kepatuhan masyarakat akan protokol kesehatan. Yaitu menerapkan 3M, upaya 3T pemerintah, dan program vaksinasi yang menjadi ujung tombak.



Sandiaga melihat ada optimisme kebangkitan ekonomi Indonesia pada paruh kedua 2021. Seiring dengan kepatuhan akan protokol kesehatan dibarengi 3T Tracing, Testing, dan Treatment diperbaiki. Terlihat dari Bed Occupancy Rate (BOR) rumah sakit juga sudah turun, PPKM dilanjutkan, dan vaksinasi disebarluaskan.

Baca Juga: Terus Bertumbuh, Perlu Inovasi Baru untuk Tingkatkan Sektor Kuliner

"Di paruh kedua kita bisa melihat awal kebangkitan untuk sektor pariwisata dan ekonomi kreatif sehingga bisa membuka lapangan pekerjaan seluas-luasnya. Semua sektor pariwisata dan ekonomi kreatif kita sentuh, tapi yang paling banyak menyentuh lapangan pekerjaan, mata pencaharian, program padat karya yang akan kita prioritaskan karena menyangkut hajat hidup orang banyak," jelas Sandiaga.
(tsa)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top