Manfaat Kolagen untuk Kesehatan Kulit

loading...
Manfaat Kolagen untuk Kesehatan Kulit
Kolagen dapat membantu memperlambat penuaan kulit dengan mengurangi keriput dan kekeringan. Foto Ilustrasi/Freepik
JAKARTA - Kolagen memiliki banyak fungsi penting, di antaranya memberikan struktur pada kulit dan memperkuat tulang. Dalam beberapa tahun terakhir, suplemen kolagen menjadi populer. Sebagian besar terhidrolisis, yang berarti kolagen telah dipecah, sehingga lebih mudah diserap.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa peptida kolagen atau suplemen yang mengandung kolagen dapat membantu memperlambat penuaan kulit dengan mengurangi keriput dan kekeringan.

Baca Juga: Studi: Berjalan dengan Langkah yang Cepat Berpeluang Perpanjang Hidup

"Kolagen diperlukan dalam struktur kulit dan pertahanan elastisitas kulit. Konsumsi kolagen secara rutin akan melengkapi penggunaan perawatan kulit secara topikal dalam menjaga kesehatan kulit,” ungkap VP Product Erha Skincare Angelyn Bunardi saat peluncuran YOUVIT x ERHA Collagen, Selasa (23/2).



Sejak pertengahan hingga akhir usia 20-an, kolagen mulai berkurang. Kadar kolagen yang berkurang menyebabkan kulit menjadi lebih kering dan tipis sehingga elastisitas kulit menurun serta menyebabkan munculnya garis-garis halus.

"Banyak yang belum sepenuhnya menyadari bahwa perawatan kulit dari dalam harus dimulai sejak usia muda dan tentu membutuhkan komitmen jangka panjang agar hasilnya lebih baik," jelas Nutrition Expert YOUVIT Rachel Olsen.

Di samping pertambahan usia, gaya hidup seperti kurang tidur, kurang asupan nutrisi dan air, sering terpapar sinar matahari dan polusi udara, merokok, atau konsumsi alkohol juga bisa mengakibatkan kolagen pada kulit semakin berkurang.



Selain itu, mengonsumsi suplemen kolagen dapat meningkatkan produksi protein lain yang membantu struktur kulit, termasuk elastin dan fibrillin. Manfaat kolagen lebih mudah terserap jika dikonsumsi secara oral atau dikunyah.

Baca Juga: Manfaat Bersepeda Rutin Tambah Teman dan Tekan Risiko Penyakit Metabolik

"Kolagen yang bagus bentuk gummy. Dibandingkan cairan atau bubuk atau pil, tidak ada penyerapan zat gizi awal. Makanya kolagen harus diserap dulu dengan dikunyah," ujar Nutrition Expert YOUVIT Puteri Aisyaffa.
(tsa)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top