7 Hidden Gems di Pulau Jawa Ini Cocok untuk Staycation

Minggu, 28 Februari 2021 - 10:15 WIB
loading...
7 Hidden Gems di Pulau Jawa Ini Cocok untuk Staycation
Staycation di sejumlah hidden gems bisa menjadi pilihan untuk melepas penat dengan waktu liburan yang cukup singkat. Foto/Dok Okezone
A A A
JAKARTA - Beberapa hidden gems yang tersebar di Pulau Jawa bisa menjadi pertimbangan untuk yang Anda yang ingin melakukan staycation . Apa saja?

Pemerintah belum lama ini mengumumkan pemangkasan jumlah hari cuti bersama tahun 2021 dari tujuh menjadi dua hari. Pertimbangan dan keputusan ini berkaitan dengan fakta terkait angka kasus COVID-19 di Indonesia.



Waktu liburan yang semakin singkat ini tentu mengubah rencana perjalanan yang mungkin sudah Anda atur. Namun, jangan khawatir. Anda masih bisa melakukan liburan dengan staycation di dekat tempat tinggal. Staycation bisa menjadi pilihan untuk melepas penat dengan waktu liburan yang cukup singkat. Liburan ini juga relatif aman karena Anda hanya perlu tinggal di suatu akomodasi yang aman dan nyaman dengan suasana yang berbeda dari rumah.

Ada banyak hidden gems di kota Anda yang dapat dikunjungi. Berikut beberapa hidden gems yang tersebar di Pulau Jawa yang bisa menjadi pertimbangan untuk staycation.

1. Taman Wisata Mangrove, Jakarta Utara

7 Hidden Gems di Pulau Jawa Ini Cocok untuk Staycation


Meski tinggal di Jakarta yang padat penduduknya dan merupakan kota yang sangat sibuk, Anda masih bisa menikmati keindahan alam hutan Mangrove. Salah satunya adalah Taman Wisata Mangrove yang terletak di Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara. Selain berelaksasi, Anda juga bisa belajar tentang hutan mangrove di sini. Ditawarkan juga berbagai macam penginapan yang sangat nyaman dengan pemandangan hutan dan suasananya yang rindang.

2. Pasir Putih, Jakarta Utara

7 Hidden Gems di Pulau Jawa Ini Cocok untuk Staycation


Masih di Jakarta Utara, Anda bisa menikmati pantai buatan satu-satunya di Jakarta, Pantai Putih. Pantai ini dilengkapi dengan area khusus pejalan kaki yang luas dan jalur sepeda. Anda juga akan disuguhi banyak wisata kuliner yang buka hingga malam hari. Lokasinya yang tidak jauh dari pusat keramaian Pantai Indah Kapuk akan membuat Anda mempunyai lebih banyak pilihan makanan.

3. Kampung Betawi, Setu Babakan, Jakarta Selatan

7 Hidden Gems di Pulau Jawa Ini Cocok untuk Staycation


Anda bisa mengenal sejarah dan adat istiadat suku Betawi secara menyenangkan dengan melakukan rekreasi ke Kampung Betawi, Setu Babakan, Jakarta Selatan. Ditetapkan sebagai cagar budaya Betawi, di sana Anda akan melihat berbagai kesenian Betawi, wisata air, serta wisata kuliner makanan khas Betawi seperti kerak telor, laksa, dan tauge goreng.

4. Hutan Kota Srengseng, Jakarta Barat

7 Hidden Gems di Pulau Jawa Ini Cocok untuk Staycation


Satu lagi hutan di tengah kota yang bisa Anda kunjungi saat memilih untuk staycation di Jakarta, yaitu Hutan Kota Srengseng. Hutan yang berada di Jakarta Barat ini merupakan tempat terbuka yang dijadikan tempat resapan air agar tidak terjadi banjir. Hutan Kota Srengseng ditumbuhi berbagai macam tumbuhan seperti pohon akasia dan Flamboyan.

5. Bukit Moko, Bandung

7 Hidden Gems di Pulau Jawa Ini Cocok untuk Staycation


Bagi Anda yang tinggal di Bandung dapat menikmati pemandangan alam yang tidak bisa dinikmati orang di kota lain. Salah satunya keindahan kelap-kelip bintang malam di Bukit Moko yang terletak di Cimenyan, Bandung. Dari ketinggian Bukit Moko, Anda bisa melihat secara keseluruhan Kota Bandung dari atas dan menikmati kerindangan pohon pinus selama mendaki. Di sana juga tersedia area perkemahan.

6. Grojogan Lepo Dlingo, Yogyakarta

7 Hidden Gems di Pulau Jawa Ini Cocok untuk Staycation


Yogyakarta memang sering menjadi tempat wisata, tetapi bagi Anda yang tinggal di sana, mungkin bosan dengan destinasi wisata turis. Untuk melepas penat, bisa menikmati wisata alam air terjun yang ada di Yogyakarta, salah satunya Grojogan Lepo Dlingo yang terletak di Gunung Kidul. Bagi Anda yang senang berenang, di sana menawarkan kolam alam yang mempunyai air jernih.



7. Mangrove Gunung Anyar, Surabaya

7 Hidden Gems di Pulau Jawa Ini Cocok untuk Staycation


Kota Pahlawan juga menyimpan wisata alam yang patut dikunjungi saat staycation. Mangrove Gunung Anyar salah satunya. Wisata ini menyuguhkan hutan mangrove yang sejuk, indah, dan asri. Tempat ini sangat cocok untuk meninggalkan sejenak kebisingan kota.

Tujuh hidden gems yang berada di Pulau Jawa tersebut dapat menjadi pilihan Anda yang ingin staycation dengan waktu yang singkat. Selain tempat-tempat yang disebutkan di atas, Anda juga bisa staycation di kota yang terdekat dengan tempat tinggal untuk menenangkan pikiran sejenak dari kesibukan.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1571 seconds (0.1#10.140)