Cerita Pengalaman Pasang 3 Ring Jantung, Rano Karno: 'Gue Dibohongin CT Scan'

Selasa, 02 Maret 2021 - 14:32 WIB
loading...
Cerita Pengalaman Pasang 3 Ring Jantung, Rano Karno: Gue Dibohongin CT Scan
Rano Karno. Foto/IG @si.rano
A A A
JAKARTA - Aktor senior Rano Karno menceritakan pengalamannya saat memasang tiga ring jantung beberapa waktu lalu. Mantan Gubernur Banten itu mengaku, mengalami penyumbatan jantung yang baru diketahui sejak setahun lalu setelah menjalani CT scan.

Setelah satu tahun berlalu, pemeran si Doel itu secara tiba-tiba merasakan dingin pada seluruh tubuhnya. Khawatir, Rano pun mengunjungi dokter untuk melakukan pemeriksaan kesehatan. Dokter kemudian menyarankan Rano untuk pasang tiga ring jantung sekaligus.



"Dua minggu sebelum pasang ring, saya sering dingin badan. Tiba-tiba aja dingin. Dalam waktu nggak sampai 1 jam, aku langsung pasang ring tiga. Sekaligus tiga. Kateter itu melihat penyumbatan berapa persen," kata Rano, seperti dikutip dari kanal YouTube Starpro Indonesia, Selasa (2/3).

"Satu tahun lalu saya sudah CT scan. Saya ke dokter jantung, karena bahasanya saya ada turunan jantung. Semua, termasuk Suti, juga udah di ring. Dokter waktu itu udah nyarankan 'bang ini ada penyempitan', tapi emang bahasanya belum terlalu bahaya," lanjutnya.

Dokter yang menangani aktor 60 tahun itu kaget. Pasalnya, penyempitan jantung yang dialami Rano sudah mencapai 85%. Padahal, hasil pemeriksaan CT scan sebelumnya menunjukkan sang aktor mengalami penyempitan jantung sebesar 50% dan 30% di tiga titik.

"Begitu kateter, dokternya kaget. Dia bilang 'gila gue dibohongin sama CT scan'. Nggak tahunya yang satu, udah 85% (penyumbatan). Nah, itu yang dokter bilang blok. Kalau terjadi blok, itu serangan jantung," jelas Rano.

"Akhirnya dokter sarankan pasang ring. Satu di kiri, itu yang sering bikin dingin, yang dua asam lambung. Orang bilang gerd, kalau neken ke sini (dada) juga bahaya," sambungnya.



Saat ini kondisi bintang film Si Doel The Movie itu perlahan mulai membaik. Rano bersyukur mengetahui kondisi jantungnya lebih cepat sehingga bisa ditangani. Ia juga mengingatkan bahwa penyakit jantung bisa dialami oleh siapa saja, termasuk usia muda.

"Tapi jujur agak was-was karena ngerasain ada benda asing di dalem. Tapi ya alhamdulillah semua berjalan lancar. Jantung jangan dipikir orangtua. Anak muda juga ada yang kena serangan jantung karena pola makan," tandasnya.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2287 seconds (0.1#10.140)