Isra Miraj Dapat Dijadikan Momentum Komitmen dalam Pernikahan

Kamis, 04 Maret 2021 - 19:02 WIB
loading...
Isra Miraj Dapat Dijadikan Momentum Komitmen dalam Pernikahan
Menciptakan sebuah keluarga yang harmonis, tentunya tidak semudah membalikkan telapak tangan. / Foto: ilustrasi/ist
A A A
JAKARTA - Sebagai mahluk sosial, manusia tidak dapat hidup seorang diri. Melalui kemampuannya, manusia melakukan interaksi serta beradaptasi dengan sesamanya. Tujuannya tak lain untuk hidup bersama, saling tolong menolong dan membangun keluarga dalam ikatan suami istri.

Baca juga: Tak Izinkan Aurel dan Atta Nikah di Stadion GBK, Ini Alasan Krisdayanti

Di sisi lain, sebagai individu, manusia juga memiliki keinginan untuk hidup bersama dengan lawan jenis. Antara laki-laki dan perempuan, melalui pernikahan , guna membentuk keluarga yang bahagia, sakinah, mawaddah dan warahmah.

Tujuan pernikahan dalam Islam , tak lain untuk meneruskan keturunan, memenuhi kebutuhan naluriah manusia dan menyempurnakan ibadah kepada Allah SWT. Apalagi Islam menganjurkan umatnya untuk melakukan pernikahan saat sudah mampu dan siap secara lahir batin, karena terdapat banyakmanfaat menikah dalam Islamyang luar biasa.

Menciptakan sebuah keluarga yang harmonis, tentunya tidak semudah membalikkan telapak tangan. Untuk itu dibutuhkan pengetahuan dan pembinaan yang dapat dilakukan sebelum seseorang memasuki jenjang pernikahan. Guna mendukung hal tersebut, Komunitas Taaruf Membangun Ummat (KTMU) mencoba membantu, khususnya bagi kaum adam yang ingin maupun akan memasuki jenjang pernikahan melalui metode taaruf dengan memberikan materi keilmuan tentang keluarga.

Humas KTMU, Rizka Wahyu Wulandaridalam keterangan resminya, Kamis (4/3), memaparkan, sejak dirikan pada 2007, KTMU dipercaya menjadi salah satu jalan ikhtiar bagi mereka yang ingin bertemu jodohnya. Adapun salah satu kegiatan KTMU adalah mengadakan seminar pra-nikah dengan sejumlah narasumber dari berbagai kalangan seperti ustaz, motivator, penulis buku dan orang-orang yang dapat memberikan inspirasi. "Seminar ini bertujuan untuk memberikan memberikan keilmuan seputar pernikahan melalui metode ta'aruf bagi calon peserta," ungkapnya.

Menurut Rizka, untuk bisa bergabung dengan KTMU, seseorang harus mengisi formulir terlebih dahulu melalui situs KTMU. Setelah itu calon anggota akan mendapatkan jadwal wawancara dengan pengurus KTMU. Setelah menjadi anggota, mereka akan diberikan persiapan melakukan ta'aruf. Setelah itu, mereka akan mendapatkan informasi dan foto calon pasangannya.

"Untuk menjadi anggota, tidak dikenakan biaya pendaftaran, calon anggota cukup memberikan infaq sebesar Rp150.000 untuk kegiatan sosial yayasan. Setelah semua prosedur berjalan dengan baik dan peserta sudah menemukan pasangannya akan dilanjutkan dengan prosesta'aruf dan menentukan waktu yang tepat," jelas Rizka.

Kebanyakan, para calon pasangan mencari tanggal tertentu, yang dinilai mempunyai makna tersendiri, dan mudah diingat. Namun dalam Islam ada beberapa bulan yang memiliki keistimewaan dan keutamaan untuk melakukan pernikahan, puasa ataupun sunnah lainya. Salah satu dari beberapa bulan yang memiliki keistimewaan tersebut adalah bulan Rajab.

Baca juga: Perut kembung Jangan Disepelekan, Bisa Jadi Ini Gejala Penyakit Serius!

"Jadi dengan melaksanakan pernikahan bertepatan pada bulan Rajab, bisa menjadi suatu hari yang baik. Karena isra miraj dapat diartikan sebagai perwujudan yang mengajarkan komitmen dan kepercayaan yang total. Tanpa komitmen dan kepercayaan yang penuh. Seperti komitmen Nabi Muhammad SAW, untuk melaksanakan perintah Allah SWT menjalankan sholat lima waktu," pungkas Rizka.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2549 seconds (0.1#10.140)