Manfaat Konsumsi Kacang Hijau, Kurangi Tekanan Darah Hingga Cegah Kanker

loading...
Manfaat Konsumsi Kacang Hijau, Kurangi Tekanan Darah Hingga Cegah Kanker
Bila dikonsumsi secara rutin, kacang hijau memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Foto/Istimewa
JAKARTA - Kacang hijau adalah makanan yang tentu sudah tidak asing lagi, banyak ditemukan di negara Asia Selatan terutama India, kacang hijau juga banyak dijumpai di Indonesia dan menjadi hidangan favorit karena berbagai olahannya.

Kacang hijau adalah salah satu sumber protein nabati terbaik dan memiliki aktivitas biologis termasuk antioksidan, antimikroba, anti-inflamasi, akomodasi metabolisme lipid, antihipertensi, antihipertensi, antidiabetik, dan efek antitumor. Selain itu, kacang hijau juga adalah sumber protein , serat, antioksidan dan fitonutrien yang tinggi.

Saat ini, popularitas kacang hijau meningkat karena dapat digunakan dalam segala bentuk mulai dari sup kalengan, hidangan restoran hingga bubuk protein. Kacang hijau dapat dikonsumsi secafa difermentasi, dimasak, digiling dan dalam bentuk tepung.

Kapasitas nutrisi yang tinggi membuatnya bermanfaat dalam memerangi beberapa penyakit kronis yang berkaitan dengan usia serta penyakit jantung, kanker, diabetes dan obesitas.

Baca Juga : Mengatasi Sakit Kepala Usai Divaksin Covid-19 dengan Jahe



Berikut adalah manfaat Kacang Hijau seperti dilansir laman Boldsky.

1. Mengurangi tekanan darah

Kaya akan nutrisi, kacang hijau memiliki kemampuan untuk membatasi timbulnya penyakit kardiovaskular dan tekanan darah tinggi. Ekstrak dari kacang-kacangan terbukti menurunkan tingkat tekanan darah sistolik, karena sifat antihipertensi dari kacang hijau dapat membantu untuk mengurangi penyempitan pembuluh darah yang menyebabkan tekanan darah meningkat.

2. Meningkatkan kekebalan tubuh

Kacang Hijau adalah sumber fitonutrien yang baik, yang memiliki sifat antiinflamasi dan antimikroba sehingga membantu meningkatkan kekebalan Anda dan melawan bakteri berbahaya, pilek, virus, iritasi, ruam, dan lain-lain.



3. Mencegah penyakit kardiovaskular

Kacang hijau dapat membantu dalam mengatur tingkat kolesterol dengan menghilangkan radikal bebas, mengurangi peradangan dan memperbaiki kerusakan yang disebabkan pembuluh darah.

4. Mencegah kanker
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top