Ini Sejarah Penetapan 8 Maret sebagai Hari Perempuan Internasional

Senin, 08 Maret 2021 - 10:13 WIB
loading...
Ini Sejarah Penetapan 8 Maret sebagai Hari Perempuan Internasional
Hari Perempuan Internasional dirayakan di banyak negara di seluruh dunia pada hari ini. Foto Ilustrasi/Days of the Year
A A A
JAKARTA - Hari Perempuan Internasional jatuh hari ini, Senin (8/3). Hari Perempuan Internasional dirayakan di banyak negara di seluruh dunia. Ini adalah hari di mana perempuan diakui atas pencapaian mereka tanpa memandang perpecahan, baik nasional, etnis, bahasa, budaya, ekonomi atau politik.

Dilansir dari BBC, Hari Perempuan Internasional tumbuh dari gerakan buruh menjadi acara tahunan yang diakui oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Ini berawal pada 1908, ketika 15.000 wanita berbaris melalui New York City menuntut jam kerja yang lebih pendek, gaji yang lebih baik, dan hak untuk memilih. Itu adalah Partai Sosialis Amerika yang mendeklarasikan Hari Perempuan Nasional pertama, setahun kemudian.



Ide untuk membuat hari internasional datang dari seorang wanita bernama Clara Zetkin. Dia menyarankan ide tersebut pada 1910 dalam Konferensi Internasional Wanita Pekerja di Kopenhagen, Denmark. Ada 100 wanita di sana dari 17 negara, dan mereka menyetujui sarannya dengan suara bulat.

Hari Perempuan Internasional pertama kali dirayakan pada 1911 di Austria, Denmark, Jerman, dan Swiss. Tahun ini secara teknis Hari Perempuan Internasional dirayakan untuk yang ke-110 kali.

Hari Perempuan Internasional diresmikan pada 1975 ketika PBB mulai merayakan hari itu. Tema pertama yang diadopsi oleh PBB pada 1996 adalah Merayakan Masa Lalu, Merencanakan Masa Depan.

Hari Perempuan Internasional telah menjadi tanggal untuk merayakan seberapa jauh perempuan datang dalam masyarakat, dalam politik dan ekonomi. Sementara akar politik hari itu berarti pemogokan serta protes yang diorganisir untuk meningkatkan kesadaran akan ketidaksetaraan yang terus berlanjut.

Kala itu, ide Clara untuk Hari Perempuan Internasional tidak memiliki tanggal pasti. Itu tidak diformalkan sampai pemogokan waktu perang pada 1917 ketika wanita Rusia menuntut roti dan perdamaian. Empat hari setelah pemogokan wanita dipaksa untuk turun tahta dan pemerintah sementara memberi wanita hak untuk memilih.

Tanggal pemogokan perempuan dimulai pada kalender Julian, yang kemudian digunakan di Rusia, yaitu Minggu 23 Februari. Hari itu dalam kalender Gregorian patuh pada 8 Maret dan saat itulah dirayakan Hari Perempuan Internasional.



Sementara itu ungu, hijau, dan putih adalah warna Hari Perempuan Internasional. "Ungu menandakan keadilan dan martabat. Hijau melambangkan harapan. Putih melambangkan kemurnian, meski konsepnya kontroversial. Warna-warna itu berasal dari Serikat Sosial dan Politik Perempuan (WSPU) di Inggris pada 1908," tulis situs Hari Perempuan Internasional.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1344 seconds (0.1#10.140)