Agar Tumbuh Kembang Tetap Optimal, Ajak Buah Hati dengan 5 Aktivitas Seru Ini

Jum'at, 12 Maret 2021 - 04:05 WIB
loading...
Agar Tumbuh Kembang Tetap Optimal, Ajak Buah Hati dengan 5 Aktivitas Seru Ini
Agar tumbuh kembang anak tetap optimal, anak harus diberikan beberapa kegiatan positif sampai sekolah dibuka kembali. / Foto: ilustrasi/ist
A A A
JAKARTA - Di masa pandemi, anak dan orang tua banyak menghabiskan waktu bersama di rumah. Agar tumbuh kembang anak tetap optimal, anak harus diberikan beberapa kegiatan positif sampai sekolah dibuka kembali.

Baca juga: Suga BTS Rayakan Ultah dengan Berdonasi untuk Anak-Anak Penderita Kanker

Dalam peluncuran Tokopedia Parents, Rabu (10/3), Dokter Spesialis Anak, dr. Miza Dito Afrizal, Sp.A, BmedSci, M.Kes memberikan beberapa tips kegiatan positif bagi anak.

1. Olahraga

Meski hanya di rumah, orang tua bisa tetap menerapkan pola hidup sehat dengan berolahraga bersama anak secara rutin. Beberapa olahraga yang dapat dicoba mulai dari senam, lempar bola, lompat tali, berenang, menari dan yoga.

2. Permainan Edukatif

"Bermain merupakan salah satu cara yang mudah dan menyenangkan untuk menstimulasi pertumbuhan dan perkembangan otak dan tubuh anak. Selain itu, bermain juga dapat mengasah keterampilan anak," ujar dr Miza.

Permainan puzzle, menyusun balok, menggambar dan membuat kerajinan tangan dapat menjadi pilihan permainan edukatif bagi anak.

3. Berkebun

Hobi berkebun yang populer saat pandemi juga dapat menjadi alternatif kegiatan bersama anak di rumah. "Selain menyenangkan, kegiatan berkebun bisa mengedukasi anak terkait rasa tanggung jawab. Juga bisa mendorong perkembangan keterampilan motorik halus anak. Mulai dari menanam benih kecil, menyiram dan memetik buahnya," jelas dr Miza.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3690 seconds (0.1#10.140)