Mentimun Tak Hanya Nikmat untuk Lalapan, Tapi Juga Menyehatkan

Minggu, 14 Maret 2021 - 23:45 WIB
loading...
Mentimun Tak Hanya Nikmat untuk Lalapan, Tapi Juga Menyehatkan
Mentimun baik dikonsumsi karena memiliki sederet manfaat kesehatan. Foto/Livescience
A A A
JAKARTA - Mentimun , buah tropis ini biasanya tak pernah absen disantap sebagai lalapan. Kandungan airnya yang tinggi membuat mentimun begitu segar dikonsumsi. Buah ini mempunyai tinggi nutrisi yang sangat bermanfaat, serta senyawa tanaman dan antioksidan tertentu dan dapat membantu mengobati, bahkan mencegah beberapa kondisi dalam kesehatan.

Selain itu, mentimun juga rendah kalori dan mengandung banyak air, serat larut sehingga tubuh dapat terhidrasi serta dapat membantu menurunkan berat badan.
Dikutip dari laman Health Line, berikut ini manfaat mentimun yang lainnya.

Baca Juga : Paparan Serbuk Sari Dapat Tingkatkan Risiko Seseorang Terkena COVID-19

Kaya Antioksidan

Antioksidan adalah molekul yang memblokir oksidasi, reaksi kimia yang membentuk atom yang sangat reaktif dengan elektron tidak berpasangan yang dikenal sebagai radikal bebas. Jika hal itu terjadi, maka dapat menyebabkan beberapa jenis penyakit kronis.

Nah dengan mengonsumsi mentimun yang kaya akan antioksidan, dan bermanfaat sekaligus dapat mengurangi risiko kondisi tersebut

Menghidrasi Tubuh

Meskipun Anda memenuhi sebagian besar kebutuhan cairan dengan air minum atau lainnya, beberapa orang mungkin mendapatkan sebanyak 40 persen dari total asupan air mereka dari makanan.

Buah-buahan dan sayuran, seperti mentimum salah satu sumber cairan yang cukup tinggi. Maka jika Anda rajin mengonsumsinya, akan membantu menghidrasi tubuh.

Baca Juga : Mutasi N439K Ditemukan di Indonesia, Waspada Virus ini Kebal Antibodi!

Menurunkan Gula Darah

Beberapa penelitian pada hewan dan tabung reaksi menemukan, bahwa mentimun dapat membantu mengurangi kadar gula darah dan mencegah beberapa komplikasi diabetes.

Satu penelitian pada hewan meneliti efek berbagai tumbuhan pada gula darah. Mentimun terbukti efektif mengurangi dan mengontrol kadar gula darah.
(wur)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1556 seconds (11.252#12.26)