Atasi Stres Akibat Pandemi COVID-19 dengan 3 Teknik Relaksasi Ini

Kamis, 18 Maret 2021 - 23:40 WIB
loading...
Atasi Stres Akibat Pandemi COVID-19 dengan 3 Teknik Relaksasi Ini
Stres yang menumpuk dapat menimbulkan gangguan kesehatan fisik maupun jiwa. Foto Ilustrasi/Ironaway.com
A A A
JAKARTA - Pandemi COVID-19 menimbulkan krisis kesehatan bagi masyarakat, termasuk kesehatan mental seperti stres akibat berbagai tantangan dan tekanan selama masa pandemi tersebut.

Sebagaimana diketahui, stres merupakan situasi dan kondisi yang menekan seseorang. Stres bisa berasal dari lingkungan rumah, tempat kerja, atau sekolah. Pada kenyataannya stres dapat menyebabkan dua reaksi yang mengarah pada hal positif dan negatif.



Selain itu stres yang menumpuk juga dapat menimbulkan gangguan kesehatan fisik maupun jiwa. Sebab, setiap orang memiliki batas kritis menghadapi stres. Batas kritis tiap orang berbeda dari waktu ke waktu, tergantung keadaan kesehatan, keluarga, tuntutan pekerjaan, dan lain-lain.

Oleh sebab itu, stres harus dikelola dengan baik agar tidak menimbulkan dampak buruk bagi kondisi kesehatan mental seseorang. Ada beragam cara yang bisa dilakukan untuk mengelola stres. Misalnya, melakukan aktivitas fisik dan olahraga yang disukai, ngobrol dengan keluarga atau teman lewat telepon atau media sosial, dan lain-lain.

Jika perasaan semakin kalut bahkan hingga mengganggu aktivitas sehari-hari, maka mengunjungi psikolog atau berkonsultasi dengan konselor pribadi bisa menjadi cara lain untuk dilakukan. Namun, jika ingin mengelolanya sendiri, terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan.

Merangkum dari laman Instagram DKI Jakarta @dkijakarta, Kamis (18/3), berikut tiga teknik relaksasi yang bisa dilakukan untuk mengatasi stres. Yuk disimak!



1. Duduk dengan posisi santai dan nyaman. Pejamkan mata dan bayangkan hal yang menyenangkan.

2. Tarik napas dari hidung. Tahan selama tiga hitungan, lalu embuskan dari mulut. Bayangkan beban pikiran terlepas. Ulangi cara ini sebanyak tiga kali.

3.Syukuri nikmat Tuhan, ikhlas, dan sabar.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2964 seconds (0.1#10.140)