Terdapat dalam Rukun Iman yang Keenam, Apakah Takdir Bisa Salah?

Kamis, 25 Maret 2021 - 11:49 WIB
loading...
Terdapat dalam Rukun Iman yang Keenam, Apakah Takdir Bisa Salah?
Takdir yang tidak pernah salah menjadi topik pembicaraan dalam program Dai Muda RCTI+ episode 64 bersama Muhammad Vickry. / Foto: ist
A A A
JAKARTA - Takdir yang tidak pernah salah menjadi topik pembicaraan dalam program Dai Muda RCTI+ episode 64 bersama Muhammad Vickry. Program Dai Muda sendiri tayang eksklusif di RCTI+ setiap Rabu dan Jum'at pukul 15.30 WIB.

Baca juga: Pemda Sabang Gencarkan Kembali Wisata Bawah Laut untuk Bangkit dari Pandemi

Takdir yang diberikan oleh Allah SWT memang tidak pernah salah, karena Allah SWT telah mencatat takdir tersebut untuk para hambanya. Dan Allah SWT yang mengetahui mana yang terbaik untuk umatnya. Iman kepada takdir Allah terdapat dalam rukun iman yang keenam.

Diceritakan oleh Umar bin Khattab, ketika itu ada seseorang yang berpakaian putih datang menghadap Rasul dan sahabat, ia bertanya mengenai iman, dan oleh Nabi dijawab, "Engkau beriman kepada Allah, kepada para Malaikat-Nya, Kitab-kitab-Nya, kepada para rasul-Nya, kepada hari Kiamat, dan kepada takdir yang baik ataupun yang buruk."

"Engkau beriman kepada khodar, takdir. Takdir adalah ketentuan Allah yang berlaku bagi setiap makhluk Allah. Semua ketentuan yang berlaku sesuai dengan ilmu Allah, hikmah Allah, dan dikehendaki oleh Allah. Ini disebut khodar atau takdir." (HR Muslim)

Beriman kepada takdir Allah SWT yaitu dengan cara mempercayai bahwa Allah telah menetapkan takdir kepada manusia baik itu yang baik maupun yang buruk. Takdir telah tertulis di lauh al-mahfuz sejak zaman azali.

Takdir telah diatur oleh Allah SWT bahkan sebelum Allah SWT menciptakan semesta. "Tiadalah sesuatu bencana yang menimpa bumi dan pada dirimu sekalian, melainkan sudah tersurat dalam kitab [lauh al-mahfuz] dahulu sebelum kejadiannya." (QS. Al-Hadid [57]: 22).

"Allah SWT telah menetapkan takdir untuk setiap makhluk sejak lima puluh ribu tahun sebelum penciptaan langit dan bumi." (H.R. Muslim).

Baca juga: Resep Sambal Bawang ala Bu Rudy, Pedesnya Bikin Makan Tambah Berselera

Selengkapnya mengenai penjelasan tentang takdir Allah SWT, bisa viewers saksikan kembali Dai Muda eksklusif di RCTI+ melalui link berikut ini: https://www.rctiplus.com/programs/989/dai-muda/episode/21874/takdir-tidak-pernah-salah .

Download aplikasi RCTI+ di Play Store dan App Store untuk bisa menikmati banyak konten seru lainnya atau melalui link https://www.rctiplus.com .
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1609 seconds (0.1#10.140)