Seru! Berenang Bersama The Gentle Giant di Botubarani

loading...
Seru! Berenang Bersama The Gentle Giant di Botubarani
Indonesia memiliki spot wisata bahari yang menarik, salah satu kawasan yang bisa dikunjungi adalah Pantai Botubarani, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo. / Foto: dok. SINDOnews
GORONTALO - Dalam beberapa tahun terakhir wisata hiu paus (whale shark) terus meningkat. Kita cukup beruntung karena beberapa daerah di Indonesia memiliki spot untuk berenang dan melihat si gentle giant dari dekat. Salah satu kawasan yang bisa dikunjungi oleh traveler adalah Pantai Botubarani, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo.

Baca juga: Ikuti Virtual Tour Plataran Borobudur & Enam Langit Bareng MNC Travel, Menangkan Kuis Staycation Gratis!

Di Bone Bolango, selain kehadiran hiu paus yang bisa dijumpai nyaris sepanjang tahun, Pantai Botubarani, cukup dekat dari pusat kota Gorontalo, yakni 30 menit. Jika traveller meluncur ke Pantai Botubarani dari Bandara Djalaluddin Gorontalo , perjalanan hanya butuh 90 menit.

Seru! Berenang Bersama The Gentle Giant di Botubarani


Bupati Kabupaten Bone Bolango Hamim Pou mengungkapkan destinasi hiu paus menjadi ikon pariwisata Bone Bolango.

"Tidak banyak di dunia, daerah yang memiliki hiu paus . Kelebihan hiu paus di Bone Bolango adalah dekat dengan pantai jaraknya hanya 50 meter dan hampir sepanjang tahun keberadaannya bisa ditemui," ujar Hamim.



Jika ingin puas berenang dengan hiu paus di Pantai Botubarani, traveller harus sudah berada di lokasi maksimal pukul 08.00 WITA. Biasanya jam segitu, sudah ada hiu paus yang hilir mudik dengan cantiknya.

Kami, tim MNC Media, sampai di Pantai Botubarani, pukul 07.30 WITA. Suasana di bibir pantai sudah sibuk. Warga yang menyewakan perahu kayu sebagai alat transportasi ke lokasi berkumpulnya hiu paus tengah bersiap-siap. Begitu juga dengan para pemandu, dan instruktur menyelam yang sekaligus berprofesi sebagai pendamping wisatawan. Ada pula yang mengangkut udang untuk dibawa sebagai umpan agar hiu paus mendekati perahu wisatawan.

Ditemani oleh seorang penyelam kawakan, seorang instruktur kami menuju lokasi hiu paus. Jaraknya hanya sekitar 50 meter dari pantai. Pengunjung disarankan membawa perlengkapan berenang atau diving sendiri.
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top