Seru! Berenang Bersama The Gentle Giant di Botubarani

Jum'at, 26 Maret 2021 - 14:12 WIB
loading...
A A A
Ternyata warga lokal kerap menamai hiu paus yang nyaris setiap hari ada di perairan Botubarani. Sherley dengan tenang berenang ke arah kami, mulutnya yang lebar terlihat jelas ketika kepalanya menyembul ke permukaan. Kami pun turun dan mulai turun ke air, dan berenang di samping Sherley. Ketika Sherley menjauh, pemilik kapal akan menggoyangkan-goyangkan kaki di air.

Seru! Berenang Bersama The Gentle Giant di Botubarani


Sherley pun dengan anggun berenang menghampiri. Hiu paus tak pernah menunjukkan gerakan yang agresif. Sherley juga terlihat tidak merasa terganggu dengan kehadiran kami.

Melihat fisiknya yang sangat besar, wisatawan kerap 'ngeri' sehingga menjadi panik. "Janganlah cemas karena ada banyak instruktur yang bisa memandu. Kami bisa jaga wisatawan, kami juga ambilkan foto underwater, karena banyak yang ingin menjadikannya sebagai konten," imbuh Fadli.

Selain memikat perhatian wisatawan dalam negeri, destinasi wisata hiu paus juga menjadi magnet turis mancanegara. "Banyak wisatawan asing yang ke sini, mereka selain penasaran (berenang dengan hiu paus) juga ingin free diving," imbuh Fadli.

Hiu paus (rhincodon typus) adalah jenis hiu yang merupakan spesies ikan terbesar. Ukurannya yang besar, namun cenderung jinak membuat hiu paus kerap dijuluki gentle giant. Tak heran, banyak wisatawan penasaran berenang atau sekadar melihat hiu paus dari dekat.

"Pantai Batubarani cukup jernih sehingga experience menyelam bersama hiu paus sangat maksimal," kata Febby, wisatawan lokal asal Kota Gorontalo. "Pemandangannya juga sangat indah, pantainya juga tenang," imbuhnya.

Sekitar 15 menit setelah kemunculan Sherley, seekor hiu paus yang ukurannya jauh lebih besar dari Sherley muncul. Hiu paus yang dinamai Agus ini, berenang melintasi beberapa orang yang terpukau dengan besarnya ikan ini. Agus kerap menghilang lalu muncul memberikan kejutan kepada wisatawan. Tak berselang lama, dua ekor hiu paus bergabung dengan Agus dan Sherley.

Seru! Berenang Bersama The Gentle Giant di Botubarani


Rasanya ingin berlama-lama berenang bersama ikan yang menakjubkan tersebut. Namun ketika matahari meninggi, satu per satu hiu paus kembali ke lautan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1675 seconds (0.1#10.140)