5 Langkah Jaga Anak Tetap Fit selama Cuaca Ekstrem

Senin, 29 Maret 2021 - 05:13 WIB
loading...
5 Langkah Jaga Anak Tetap Fit selama Cuaca Ekstrem
Aktivitas fisik yang tinggi pada anak memberikan efek positif pada sistem kekebalan tubuh. Foto Ilustrasi/Harvard Health
A A A
JAKARTA - Cuaca ekstrem yang diprediksi akan berlangsung hingga akhir Maret 2021 berdampak pada kesehatan masyarakat , khususnya anak-anak. Anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan, rentan menderita flu 3 kali lebih sering dari orang dewasa. Karena itulah diperlukan beberapa langkah pencegahan agar badan anak tetap fit.

Weitarsa Hendarto, Senior Vice President Marketing & International Operations Combiphar menuturkan, dampak dari perubahan cuaca, termasuk cuaca ekstrem, memiliki konsekuensi bagi kesehatan. Anak-anak lebih rentan terhadap risiko yang terkait dengan cuaca karena umumnya menghabiskan lebih banyak waktu di luar untuk bermain.

Baca Juga: Banyak Anak Divonis Stunting karena Kurva WHO

“Anak-anak memiliki metabolisme yang berbeda dari orang dewasa,” ujar Weitarsa melalui keterangan tertulis belum lama ini.

Pada prinsipnya, menurut Weitarsa, kesehatan anak dapat terus terjaga bila berada di lingkungan yang sehat. Oleh karenanya, untuk mempersiapkan dan menjaga ketahanan tubuh anak, hal terpenting yang dapat ibu lakukan adalah menerapkan kebiasaan-kebiasaan sehat di rumah, didukung dengan pemenuhan asupan nutrisi, termasuk memanfaatkan madu dan bahan-bahan alami lain.

Sementara itu menurut dr. Carlinda Nekawaty, Medical Expert Combiphar, berbeda dengan orang dewasa, sistem kekebalan tubuh anak belum sempurna serta belum mengenal jutaan variabel penyebab penyakit seperti bakteri, kuman, dan virus. Hal ini yang menyebabkan anak-anak memiliki kecenderungan terjangkit flu hingga 3 kali lebih sering dari orang dewasa.

“Meskipun demikian, tubuh anak akan secara alami beradaptasi seiring tumbuh kembang,” ujar Carlinda.

Namun menurut Carlinda, dibutuhkan langkah-langkah khusus yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh, sekaligus menjaga anak dari penyakit. Salah satu langkah tersebut adalah menjaga kebersihan. Menurutnya, sumber penyakit seperti virus penyebab flu dan diare, juga debu, asap serta bulu binatang sebagai penyebab alergi, dapat muncul dari kotoran yang menempel di tubuh anak maupun lingkungan sekitar.

“Membiasakan anak untuk menjaga kebersihan diri seperti mandi secara rutin, menggunting kuku, dan mencuci tangan menjadi langkah efektif. Menjaga kebersihan rumah dari debu dan kelembaban juga perlu dilakukan ibu,” ujar Carlinda.

Langkah selanjutnya adalah mengajak anak rutin berolahraga. Menurut Carlinda, aktivitas fisik yang tinggi pada anak memberikan efek positif pada sistem kekebalan tubuh. Menemani anak untuk aktif bergerak juga memberikan manfaat lebih pada kesehatan orangtua.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1722 seconds (11.252#12.26)