Membuat Kreasi Pot dari Semen Sendiri, Siapa Takut?

Senin, 29 Maret 2021 - 14:56 WIB
loading...
Membuat Kreasi Pot dari Semen Sendiri, Siapa Takut?
Semen Dynamix dengan Micro Filler Particle, butiran mineral yang halus mampu mengisi rongga dengan sempurna, memberikan kekuatan dari dalam, sehingga hasil kuat dan memiliki permukaan yang halus.
A A A
Di masa pandemi seperti ini, lebih banyak mengisi waktu di rumah pastinya lebih baik. Namun, kita juga harus pintar-pintar mengisinya bukan? Salah satunya dengan melakukan kreasi-kreasi baru yang sebelumnya belum pernah kita kerjakan. Menantang bukan?

Yup, salah satunya adalah membuat pot berbahan semen. Biasanya, kita tinggal beli pot semen dari toko langganan kita. Mudah sih, tapi bentuknya itu-itu saja.

Nah, sekarang yuk kita coba bikin sendiri dengan beragam variasi bentuk. Selain variasi, tentu mendatangkan kepuasan tersendiri yang bikin hidup kita lebih hidup. Satu lagi, ternyata membuatnya sangat mudah. Nah, ini langkah-langkah untuk membuat pot bunga dari semen.

1. Siapkan bahan-bahannya
Bahan-bahan membuat pot cukup sederhana dan bisa didapatkan dari barang bekas pakai. Anda bisa menyiapkan salah satu dari bahan cetakan ini, yaitu Plastik, Kardus, Stainless steel atau Styrofoam.

Bahan lain yang musti disediakan bensin, minyak tanah atau minyak pelumas. Lalu, siapkan bahan untuk cor, yaitu semen dan pasir.

2. Buat cetakan pot
Setelah bahan cetak pot tersedia, saatnya membuat bentuk cetakan. Pilih salah satu bahan yang bisa Anda sediakan, misalnya Kardus.

Yang perlu diperhatikan, Anda harus menyiapkan dua cetakan. Keduanya bentuknya sama, tetapi ukurannya berbeda. Peruntukannya, satu untuk cetakan dalam, dan satu untuk cetakan luar.

Sebagai acuan, perbedaan ukuran tidak melebihi 5 cm. Perbedaan ukuran ini untuk menentukan ketebalan pot.

3. Olesi cetakan
Setelah bahan cetakan Anda pilih, olesi dengan pelumas yang sudah disiapkan. Olesan ini pada intinya untuk memudahkan kita saat mengeluarkan pot dari cetakan.

4. Campur adonan
Setelah wadah atau cetakan siap, ambil bahan-bahan untuk membuat adonan. Untuk adonan, Anda bisa menggunakan perbandingan semen dan pasir, 3:1.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1199 seconds (0.1#10.140)