Sambut Positif Vaksinasi Gotong Royong, Begini Penjelasan Dokter Tirta dan Dekan FKUI

Minggu, 04 April 2021 - 02:32 WIB
loading...
A A A
Menurut Ari, keamanan vaksin COVID-19 tak perlu diragukan lagi. Pasalnya, vaksin tersebut sudah beredar di masyarakat. "Mestinya aman karena vaksin itu sudah mendapat EUA dari BPOM," ucapnya.

Soal efek samping yang dialami oleh penerima vaksin Covid-19 juga diantisipasi karena ada Komite Nasional KIPI. "Selain itu efek sampingnya juga tidak signifikan." kata dia.

Sedangkan soal embargo, Ari mengungkapkan jika pemerintah perlu segera mencari vaksin dari negara-negara produsen vaksin yang tidak memiliki kasus Covid-19 yang tinggi. Dia mengambil contoh China yang memiliki industri vaksin Covid-19 yang banyak, seperti Sinovac, Sinopharm, dan sebagainya.

Selain itu, pemerintah Indonesia juga perlu mengantipasinya dengan vaksin lokal seperti vaksin Merah Putih. Ari berharap pemerintah mempercepat penggunaan vaksin tersebut. "Kami dari UI juga diundang dalam rapat internal membahas penelitian vaksin ini bersama lembaga-lembaga lain. Kami harap agar (vaksin Merah Putih) segera masuk ke tahap uji klinis," tukasnya.

Menurut Tirta, vaksinasi penting namun perlu dibarengi juga dengan langkah lain. Masyarakat terus diminta untuk menjaga protokol kesehatan yaitu menjaga jarak atau menghindari kerumunan, memakai masker, dan mencuci tangan dengan sabun/hadsanitizer dan air mengalir –atau dikenal dengan sebutan 3M.

Baca juga: Ini Restoran Masakan Kanton di Hong Kong yang Terpilih Terbaik di Asia

"Selain dengan Program Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro, pemerintah sebaiknya juga mengaktifkan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu)," pinta Tirta.
(nug)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2932 seconds (0.1#10.140)