6 Langkah Terhindar dari Masalah Rambut Kering

Minggu, 04 April 2021 - 15:18 WIB
loading...
6 Langkah Terhindar dari Masalah Rambut Kering
Foto Ilustrasi. Foto/Freepik
A A A
JAKARTA - Apakah Anda mengalami rambut kering dan rusak? Itu karena minyak alami dan kelembaban kulit kepala telah terkelupas. Sangat penting untuk menjaga kelembaban, jika tidak rambut kering akan semakin menyebabkan rambut rontok dan masalah ketombe.

Terlalu sering mencuci rambut, terkena paparan sinar matahari berlebihan, penggunaan produk penata rambut, kontak dengan air berklorin, dan merokok adalah beberapa alasan yang berkontribusi pada rambut kering dan rusak. Tapi, jangan khawatir!



Melansir Times of India, berikut beberapa cara alami untuk merawat rambut kering.

1. Gunakan Serum Rambut

Oleskan serum rambut dalam jumlah banyak pada rambut Anda sebelum menatanya. Pastikan Anda mengaplikasikannya di ujung bukan di kulit kepala karena akan menjadi berminyak.

2. Pijat Rambut dengan Vitamin E

Gunakan minyak seperti minyak zaitun , kelapa, almond, dan minyak jagung. Minyak tersebut kaya akan vitamin E dan antioksidan yang meningkatkan kelembaban di lapisan luar rambut. Panaskan setengah cangkir minyak dan pijatkan minyak secara lembut ke rambut Anda, lalu tutupi dengan handuk. Biarkan selama 30-40 menit dan bilas rambut Anda dengan sampo.

3. Gunakan Kondisioner setelah Keramas

Tambahkan kelembaban ekstra pada rambut Anda dengan menggunakan kondisioner secara intens setelah mencuci dan mengondisikan rambut Anda.

4. Gunakan Masker Rambut

Gunakan masker rambut seperti masker rambut pisang, masker rambut lidah buaya, madu, dll. Biarkan di rambut Anda untuk jangka waktu yang lebih lama lalu bilas untuk mendapatkan hasil yang baik.

5. Tingkatkan Asupan Omega-3

Tingkatkan asupan omega-3 dan antioksidan dalam makanan Anda. Protein dari hewan laut dapat menjaga rambut tetap tebal dan berkilau. Makan salmon, sarden, tuna, serta tiram yang mengandung omega-3 esensial untuk rambut kering dan rusak. Oksidan juga bagus untuk rambut kering dan rusak.



6. Trim Rambut

Pangkas ujung yang bercabang. Rambut mulai terurai dari bawah ke atas, menyebabkan rambut kusam, patah, dan kusut. Untuk mencegah munculnya ujung bercabang, jaga agar rambut Anda tetap kuat dengan sampo, kondisioner, dan krim antibilas yang menguatkan. Agar ujung bercabang tidak lepas kendali, potong ujung bercabang Anda secara berkala.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2543 seconds (0.1#10.140)