Cegah Anemia dengan Makanan Mengandung Zat Besi Berikut Ini

Rabu, 07 April 2021 - 06:37 WIB
loading...
Cegah Anemia dengan Makanan Mengandung Zat Besi Berikut Ini
Untuk mencegah anemia, kecukupan zat besi sangatlah penting dan Anda bisa mendapatkan zat besi dari beragam makanan. / Foto: ilustrasi/ist
A A A
JAKARTA - Saat ini, sekitar 2,3 miliar orang menderita anemia, di mana satu dari dua penderita mengidap anemia karena defisiensi zat besi (IDA) dan mengalami gejala seperti sering kelelahan, pusing, pucat, dan gangguan kekebalan tubuh yang memengaruhi kualitas hidup dan produktivitas.

Baca juga: Nikmati Akhir Pekan bersama Keluarga di Resor Bintang 5 Terbaik di Bali Ini

Asia Tenggara dan Afrika memiliki tingkat prevalensi anemia tertinggi yang mewakili 85 persen dari kasus yang dilaporkan secara global.

Riset Kesehatan Dasar ( Riskesdas ) 2018 menunjukkan adanya peningkatan prevalensi anemia sebesar 38,5% pada kelompok usia 0-59 bulan, 32% peningkatan pada kelompok usia 15-24 tahun, 27,2% pada wanita dan 48,9% pada wanita hamil.

Untuk mencegah anemia, kecukupan zat besi sangatlah penting dan Anda bisa mendapatkan zat besi dari beragam makanan. Berikut daftar makanan kaya zat besi dikutip dari berbagai sumber.

1. Daging merah

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi cukup daging merah, memiliki peluang lebih kecil untuk mengalami kekurangan zat besi. Seperti diketahui, di dalam 100 gram daging merah tanpa lemak, terkandung sekitar 2 miligram zat besi.

2. Kerang-kerangan

Kerang-kerangan, seperti tiram, abalone dan remis, juga termasuk salah satu makanan dengan kandungan zat besi yang tinggi. Di dalam 100 gram kerang, setidaknya terkandung 3 miligram zat besi.

3. Ikan

Beragam jenis ikan, seperti ikan tuna, salmon, sarden, ikan kembung, atau merupakan makanan yang kaya akan zat besi. Selain itu, ikan juga banyak mengandung protein, omega-3, B3, selenium, dan vitamin B12.

Baca juga: Segar Banget, Pencok Kacang Panjang Cocok untuk Makan Hari Ini

4. Hati

Di dalam sekitar 100 gram hati, terkandung sekitar 6,5 miligram zat besi. Tak hanya kaya akan zat besi, makanan ini juga mengandung vitamin B, selenium, dan kolin. Namun hati merupakan makanan tinggi kolesterol, batasi asupannya dengan konsumsi secukupnya.
(nug)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2021 seconds (11.97#12.26)