Dorong Peran Masyarakat, Climate Reality Rilis e-Book Kiat Jaga Bumi

Rabu, 20 Mei 2020 - 16:57 WIB
loading...
Dorong Peran Masyarakat, Climate Reality Rilis e-Book Kiat Jaga Bumi
E-book Kiat 50 Instagramer Jaga Bumi #DirumahSaja merupakan gagasan peserta lomba Instagram yang dihelat The Climate Reality Project Indonesia. / Foto: ist
A A A
JAKARTA - Organisasi nirlaba independen, The Climate Reality Project Indonesia meluncurkan e-book berjudul Kiat 50 Instagramer Jaga Bumi #DirumahSaja pada 19 Mei 2020. E-book tersebut merupakan gagasan peserta lomba Instagram yang dihelat The Climate Reality Project Indonesia bulan lalu.

Manager Climate Reality Indonesia, DR Amanda Katili Niode mengungkapkan bahwa lomba Instagram dilaksanakan untuk memperingati 50 tahun Hari Bumi, 22 April 2020.

"Kegiatan ini diharapkan memberikan inspirasi positif bagi masyarakat tentang upaya-upaya ringan, bersahaja, namun kreatif dalam menjaga kelestarian bumi dengan di rumah saja selama masa pandemi. Berbagai upaya tersebut, baik berbasis internet maupun tidak, dapat dilakukan masyarakat umum," terang Amanda melalui keterangan tertulisnya, Rabu (20/5).

E-book dengan nomor ISBN 978-602-51240-1-3 itu merupakan kumpulan kiat yang terpilih dari 360 unggahan lomba. Hal tersebut didahului dengan informasi dasar tentang krisis iklim dan solusinya serta penjelasan tentang Covid-19 dan krisis iklim untuk memberikan konteks pada inspirasi para instagramer.

Kiat-kiat dikategorikan menjadi: Berkebun untuk Bumi dan Manusia; Manfaat Keanekaragaman Hayati; Hemat Sumber Daya Alam; Konsumsi Pangan Lokal; Reduce, Reuse, Recycle; Anak Cinta Lingkungan; serta Menuju Aktivitas Digital. Selain itu, juga ada lembar informasi berisi akun Instagram berbagai organisasi dan lembaga pemerintah yang bergiat dalam bidang perubahan iklim. Ini disiapkan bagi para instagramer yang ingin menambah pengetahuan guna memperkaya konten masing-masing.

Climate Reality Indonesia berharap buku ini dapat menjadi pendorong bagi masyarakat untuk bersama-sama memahami ilmu pengetahuan tentang lingkungan hidup dan perubahan iklim, mengamati dampaknya. Kemudian berperan mencari solusinya, serta bersatu dalam menyikapi krisis iklim baik secara online atau dalam jaringan, maupun luar jaringan (offline).

"Saya atas nama Climate Reality Indonesia menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh peserta lomba, juga kepada Amril Taufik Gobel dan Katerina, dua blogger dan content creator Indonesia yang ikut membantu kegiatan lomba, menjadi juri dan ikut aktif bertindak sebagai kurator e-book," ucap Amanda.

"Kami mendedikasikan buku ini untuk mendiang Ibu Murni Titi Resdiana, kolega kami yang semasa hidupnya merupakan penggerak dan profesional lingkungan hidup dan perubahan iklim. Silakan unduh secara gratis buku ini di link bit.ly/3e1XRhU," tutupnya.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1897 seconds (0.1#10.140)