Dekranasda Lamsel Ajak Kaum Milenial Promosikan Kain Tenun Inuh

Kamis, 08 April 2021 - 14:20 WIB
loading...
Dekranasda Lamsel Ajak Kaum Milenial Promosikan Kain Tenun Inuh
Lampung Selatan kaya akan potensi wisata, seni dan budaya yang keindahannya tidak kalah menarik dengan daerah lain di Indonesia. / Foto: Heri Fulistiawan
A A A
LAMPUNG - Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) bersama Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Lampung Selatan tengah gencar mempromosikan objek-objek wisata yang ada di kabupaten gerbang krakatau ini. Salah satu yang dipromosikan adalah Kebun Edukasi yang dibangun pemerintah setempat secara gotong royong.

Baca juga: Masyarakat Antusias Serbu Kebun Edukasi Lampung Selatan

Ketua Umum Dekranasda Lampung Selatan, Winarni Nanang Ermanto mengatakan, Lampung Selatan kaya akan potensi wisata, seni dan budaya yang keindahannya tidak kalah menarik dengan daerah lain di Indonesia. Menurut Rini, destinasi wisata di Kabupaten Lampung Selatan meliputi wisata alam, pegunungan, wisata pantai dan juga wisata bahari. Begitu juga dengan wisata seni budayanya yang hingga kini masih terus dilestarikan, agar tidak lekas punah termakan oleh zaman dan waktu.

"Sekarang ini yang lagi kami promosikan secara terus menerus baik secara langsung maupun lewat media promosi yang kami miliki adalah objek wisata Kebun Edukasi yang berlokasi di belakang rumah dinas bupati, yang penataan dan pengembangannya saat ini masih terus dilaksanakan," ujar Winarni saat ditemui kemarin (7/4).

Selain mempromosikan wisata Kebun Edukasi, kata Winarni, pihaknya juga secara penuh mendukung program-program yang ditelurkan pengurus Dekranasda Lampung Selatan. Seperti halnya kegiatan promosi hasil kerajinan Dekranasda Lamsel yakni kain Tenun Ikat Inuh yang dilaksanakan di lokasi wisata kebun edukasi beberapa waktu lalu.

Dalam kegiatan promosi produk kerajinan tersebut digandeng Ikatan Muli Mekhanai Lampung Selatan (IMMeLS). Dan kegiatan itu secara langsung dipimpin Winarni Nanang Ermanto dan Wakil Ketum Dekranasda, Nuri Maulida Pandu serta ditemani Sekda Lamsel, Yani Thamrin. "Tujuan dari kegiatan itu tidak lain untuk mempromosikan kain inuh yang merupakan warisan budaya tak benda yang disinergikan dengan promosi objek wisata Kebun Edukasi yang ada di Kabupaten Lampung Selatan," ungkapnya.

Dekranasda Lamsel Ajak Kaum Milenial Promosikan Kain Tenun Inuh


Winarni mengutarakan, Disparbud Lamsel pada intinya siap untuk mendukung secara penuh program-program pembangunan yang dicanangkan pemerintah daerah, maupun yang dikembangkan pengurus Dekranasda Lampung Selatan.

"Pastinya kami akan lebih menggencarkan lagi kegiatan promosi wisata dan produk kerajinan khas daerah yang dimiliki Lampung Selatan baik melalui website, media sosial, maupun secara langsung lewat kegiatan-kegiatan yang kami gelar," tukasnya.

Sementara itu, bukan tanpa alasan Dekranasda Lamsel menggandeng IMMeLS untuk mempromosikan kain kebanggaan daerah kepada masyarakat luas.

"Karena Tenun Ikat Inuh juga sudah menjadi salah satu ikon daerah kita. Buktinya kita membangun tugu inuh yang berada tidak jauh dari Kebun Edukasi. Kami harap IMMeLS juga bisa mempromosikannya di kalangan kaum milenial," ungkap Winarni.

Baca juga: Yuk, Intip Kecantikan Para Member Girlband Glass saat Photoshoot

"Kami juga mengajak siapapun untuk memperkenalkan kain inuh ini. Tapi, khususnya adik-adik IMMeLS ini menjadi duta kain inuh agar bisa dikenal oleh masyarakat luas," pungkasnya.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1187 seconds (0.1#10.140)