Program Candi Darling Ajak Generasi Muda Hijaukan Candi dari Rumah

loading...
Program Candi Darling Ajak Generasi Muda Hijaukan Candi dari Rumah
Djarum Foundation mengajak generasi muda hijaukan candi dari rumah. Foto/Iman Firmansyah
JAKARTA - Untuk mendorong generasi muda agar terus aktif melestarikan lingkungan dengan cara-cara yang kreatif, Bakti Lingkungan Djarum Foundation melalui program “Siap Sadar Lingkungan (Siap Darling)” meluncurkan kegiatan “Candi Darling From Home”.

Kegiatan ini merupakan adaptasi program Candi Sadar Lingkungan (Candi Darling) yang kini diselenggarakan secara daring. Terdapat tiga candi di Daerah Istimewa Yogyakarta yang dipercantik dan dihijaukan melalui kegiatan ini, yakni Candi Sambisari, Candi Banyunibo dan Candi Barong.

Program Associate Bakti Lingkungan Djarum Foundation, Tania Anggriani Arbi menuturkan, mekanisme pelaksanaan Candi Darling From Home sepenuhnya berlangsung daring. Anak-anak muda peduli lingkungan yang ingin berpartisipasi bisa menguggah kegiatan bertema peduli lingkungan di akun media sosialnya dan memberikan tagar #CandiDarlingFromHome serta menuliskan tag akun resmi @siapdarling.

Baca Juga : Ucapan Atta Halilintar Soal "Suara Suami dari Tuhan" Dikritik Komnas Perempuan

“Candi Darling mulai dari 2019, sudah hijaukan 4 candi yaitu Prambanan, Ijo, Ratu Boko, Gedong Songo. Karena terbatas kegiatan sejak 2020, maka diadakan Candi Darling From Home. Bisa diikuti dengan menggunggah satu postingan, bersepeda, atau berlari yang nanti akan dikonversikan menjadi 1 tanaman untuk menghijaukan 3 candi,” ucap Tania dalam Konferensi Pers Candi Darling, Rabu (7/4).



Kegiatan ini sendiri menargetkan partisipasi generasi muda dapat menghimpun tak kurang dari 10 ribu pohon dan tanaman yang nantinya akan ditanam di 3 Candi sementara seluruh bibit pohon dan tanaman berasal dari Pusat Pembibitan Tanaman (PPT) Djarum Foundation yang terletak di Kudus, Jawa Tengah.

Plt. Kepala Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Daerah Istimewa Yogyakarta, Zaimul Azzah, Menuturkan Generasi muda harus terus dilibatkan dalam pelestarian cagar budaya. Ia juga menilai Candi Darling From Home menjadi sebuah solusi di kondisi pandemic Covid-19 ini, sehingga bisa menjangkau generasi muda yang lebih luas untuk memotivasi generasi muda untuk melestarikan lingkungan sekaligus merawat cagar budaya.

“Milenials punya media social, bisa memanfaatkan sosmed ny untuk mengajak teman-temannya untuk mengunjungi berbagai candi-candi sekaligus menumbuhkan rasa kepedulian untuk melestarikan lingkungan,” ungkap Zaimul.

Baca Juga : Terpilih Sebagai Wakil Bupati Bandung, Sahrul Gunawan Kenang Awal Karier Sebagai Model

Sementara itu Program Associate Bakti Lingkungan Djarum Foundation, Abdurrachman Aldila menambahkan Candi Darling memperhatikan relief-relief candi untuk mengetahui tanaman apa saja yang bisa ditanam di sekitar candi tersebut.



“Tanaman yang kita pilih adalah tanaman-tanaman lokal dan tidak asing di daerah tersebut, jadi tidak mengganggu ekosistem lainnya di sekitar candi,” jelas Abdurrachman.
(wur)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top