Begini Bullying Menurut Pandangan Islam

Jum'at, 09 April 2021 - 12:05 WIB
loading...
Begini Bullying Menurut Pandangan Islam
Begini Bullying Menurut Pandangan Islam. Foto/MNC Media.
A A A
JAKARTA - Bullying merupakan kegiatan yang menyalahgunakan kekuasaan yang bertujuan untuk menyakiti orang lain baik dalam bentuk fisik, psikis atau perkataan. Korban bullying seringnya merasakan sakit, depresi atau terjebak dalam keputusasaan karena perkataan orang lain. Biasanya, pelaku adalah orang yang merasa mempunyai posisi yang lebih tinggi atau lebih kuat dari sang korban.

Nah, topik yang dibahas pada DAI MUDA kali ini bersama M Choiril Alam membahas tentang bullying menurut pandangan Islam. Sebagai pembuka, M Choiril Alam menjelaskan tentang konteks bullying itu sendiri, menurutnya bullying bisa dilakukan dalam bentuk menghina baik verbal maupun gestur, bullying juga bisa dilakukan dengan action sehingga membuat orang lain merasa terhina dan tidak dimanusiakan.



M Choiril Alam menjelaskan tentang hukum yang cocok bagi pelaku yang bullying itu. Ia mengatakan dalam Al-quran Surat An-Nisa ayat 1 “Wahai manusia! Bertakwalah kepada Tuhanmu yang telah menciptakan kamu dari diri yang satu (Adam), dan (Allah) menciptakan pasangannya (Hawa) dari (diri)-nya; dan dari keduanya Allah memperkembangbiakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Bertakwalah kepada Allah yang dengan nama-Nya kamu saling meminta, dan (pelihara lah) hubungan kekeluargaan. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasimu.”

Dari ayat tersebut bisa disimpulkan bahwa Islam mengajarkan kita untuk bertaqwa atas apa yang kita lakukan.



Penasaran dengan pandangan tentang Bullying menurut Islam yang disampaikan oleh M Choiril Alam secara lebih detail? Selengkapnya saksikan eksklusif hanya di RCTI+ atau langsung klik link https://www.rctiplus.com/programs/989/dai-muda/episode/22881/di-bully-apakah-langsung-kita-balas . Download aplikasi RCTI+ di Play Store dan App Store untuk bisa menikmati banyak konten seru lainnya atau melalui link https://www.rctiplus.com .
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1348 seconds (0.1#10.140)