Berbeda dari Tanaman Lainnya, Porang Memiliki Beberapa Keunggulan

Jum'at, 09 April 2021 - 17:10 WIB
loading...
Berbeda dari Tanaman Lainnya, Porang Memiliki Beberapa Keunggulan
Berbeda dari Tanaman Lainnya, Porang Memiliki Beberapa Keunggulan. Foto/Kementerian Pertanian.
A A A
JAKARTA - Berbeda dengan tanaman lainnya, porang memiliki beberapa keunggulan. Salah satunya bisa ditaman di mana saja, termasuk di hutan.

Merangkum dari laman resmi Kementerian Pertanian Republik Indonesia, Jumat (9/4) di pasar ekspor, porang banyak dicari sebagai bahan makanan dan industri obat maupun kecantikan. Manfaat inilah yang menjadi harga porang melambung tinggi

Sebagaimana diketahui, porang memiliki bahasa latin Amorphophallus Muelleri Blume.Tanaman ini merupakan tanaman dengan jenis umbi-umbian. Porang memiliki toleran naungan hingga 60%.



Selain itu, porang juga tidak rewel agar mampu bertahan hidup. Mereka dapat tumbuh pada jenis tanah apa saja di ketinggian 0 hingga 700 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Selain itu, hal yang menjanjikan dari tanaman porang adalah kemampuan mereka yang memungkinkan dibudidayakan di lahan hutan di bawah naungan tegakan tanaman lain.

Sementara, pembibitan porang dapat dilakukan dari potongan umbi batang maupun umbinya yang telah memiliki titik tumbuh atau umbi katak (bubil) dan biji (dari bunga) yang ditanam secara langsung.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1758 seconds (0.1#10.140)