Harganya Melambung, Ketahui 10 Manfaat Tanaman Porang

Jum'at, 09 April 2021 - 13:10 WIB
loading...
Harganya Melambung, Ketahui 10 Manfaat Tanaman Porang
Harganya Melambung, Ketahui 10 Manfaat Tanaman Porang. Foto/Kementan.
A A A
JAKARTA - Tanaman Porang belakangan ini tengah viral di media sosial. Bahkan, seorang petani porang di Desa Kepel, Jawa Timur berhasil menjadi milarder berkat bisnis ekspor porang yang telah digelutinya.

Merangkum dari Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jakarta, Jumat (9/4), porang merupakan tanaman umbi-umbian dari spesies Amorphophallus muelleri. Tanaman ini memiliki segudang manfaat, sehingga tidak aneh jika harganya melambung tinggi.

Setelah viral di madia sosial, tanaman ini kian diburu oleh masyarakat yang ingin memperoleh keuntungan. Berikut 10 manfaat tersembunyi tanaman porang.



1. Lem ramah lingkungan

Tanaman porang mengandung konjac glucomannan (kgm) yang bisa menjadi perekat yang sangat bagus. Selain bagus, lem yang dihasilkan dari tanaman porang ini juga ramah lingkungan.

2. Bahan campuran untuk industri

Kandungan konjac yang ada pada tanaman porang dapat dijadikan bahan campuran membuat kertas yang kuat dan tahan lama. Tanaman porang juga bisa dijadikan perekat kertas, cat, kain katun dan wol, pengkilap kain dengan bahan yang lebih baik dan harga lebih murah.

3. Bahan pembuat obat

Kandungan kgm yang terdapat pada tanaman porang bermanfaat sebagai bahan pembentuk kapsul obat-obatan. Pasalnya porang memiliki kandungan lem alami sehingga digunakan untuk merekatkan kapsul obat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2319 seconds (0.1#10.140)