26 Agensi Korsel Ajukan Keberatan Tentang Syarat Penundaan Wamil

loading...
26 Agensi Korsel Ajukan Keberatan Tentang Syarat Penundaan Wamil
26 Agensi Korsel Ajukan Keberatan Tentang Syarat Penundaan Wamil. Foto/Allkpop.
SEOUL - The Korea Music Content Association (KMCA) mengajukan keberatan secara tertulis terhadap hukum wajib militer yang baru direvisi dan berlaku pada 23 Juni 2021. KMCA menunjukkan bahwa Pasal 12-3 Keputusan Penegakan UU Dinas Militer adalah tidak realistis dan pada 1 April mereka mengajukan keberatan tertulis kepada Militer Pertahanan Nasional.

KMCA yang memimpin industri K-Pop, telah mengajukan keberatan atas nama 26 agensi yang terdaftar di asosiasi. Mereka menyatakan, "KMCA bersama 26 agensi anggota meminta agar UU Dinas Militer berkontribusi pada pengembangan K-pop dan peningkatan gengsi nasional," tulis KMCA.

Menurut revisi Undang-Undang Dinas Militer, seniman budaya populer dapat menunda pendaftaran hingga usia 30 tahun dengan syarat bahwa individu tersebut harus direkomendasikan oleh Menteri Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata di antara penerima penghargaan Order of Cultural Merit dari Presiden Korea Selatan .

Baca Juga : PP Royalti Diteken Jokowi, Ade Govinda Sambut Gembira

Dilansir dari Allkpop, Sabtu (10/4) KMCA mengatakan tidak masuk akal bahwa satu-satunya cara untuk memenuhi syarat untuk menunda pendaftaran adalah dengan menjadi penerima Order of Cultural Merit .



"Tidak masuk akal untuk mendasarkan kualifikasi pada Order of Cultural Merit. Hampir tidak mungkin bagi individu yang berusia 20-an untuk menerima Order of Cultural Merit karena salah satu kriteria untuk penghargaan ini adalah bahwa individu tersebut harus telah aktif di bidang budaya dan seni pop selama lebih dari 15 tahun," jelas KMCA.

"Berarti artis K-pop yang memulai aktivitas mereka di akhir masa remaja harus berusia setidaknya 20-an tahun agar memenuhi syarat untuk menerima penghargaan tersebut. Oleh karena itu, mereka tidak dapat memenuhi peraturan yang memungkinkan mereka untuk menunda pendaftaran mereka sampai usia 30 tahun dan undang-undang yang direvisi tidak berguna," lanjutnya.

Baca Juga : BTS Menjadi Nominasi 2021 iHeartRadio Music Awards

Namun, BTS berhasil memperoleh Order of Cultural Merit. Boy band asuhan Big Hit Entertainment itu menulis sejarah baru musik pop, karena mereka adalah penerima termuda Order of Cultural Merit. Sebagai penyanyi Korea pertama dan satu-satunya yang dinominasikan untuk Grammy Awards, grup ini terus membuat sejarah.

Berkat kerja kerasnya, para anggota BTS berhasil dianugerahi penghargaan bergengsi ini hanya dalam waktu delapan tahun, sejak debut mereka 2013 lalu. Sementara itu, Jin, selaku anggota tertua grup ini lahir pada tahun 1992 dan berusia 29 tahun saat ini. Ia memulai debutnya pada tahun 2013 pada usia 21 tahun.
(dra)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top