Ingin Berpergian Selama Mudik Lebaran 2021? Pastikan Miliki SKIM

loading...
Ingin Berpergian Selama Mudik Lebaran 2021? Pastikan Miliki SKIM
Ingin Berpergian Selama Mudik Lebaran 2021? Pastikan Miliki SKIM. Foto/Eko Purwanto.
JAKARTA - Satgas Penanganan Covid-19 mengeluarkan surat edaran yang meniadakan mudik pada bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1442H pada periode 6-17 Mei 2021. Surat edaran No. 13/2021 ini melarang adanya mudik bagi seluruh kalangan masyarakat.

Pemerintah melarang masyarakat untuk mudikdengan semua moda transportasi baik darat, kereta api, laut dan udara. Perjalanan juga dilarang baik lintas kota, kabupaten, provinsi, maupun negara.

Merangkum dari Instagram resmi Komite Percepatan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), @lawancovid19_id, Sabtu (10/4), peraturan ini dibuat untuk mengurangi jumlah kenaikan kasus aktif Covid-19 selama masa libur panjang.

Baca Juga : Hidup Hampir 100 Tahun, Ini Rahasia Umur Panjang Pangeran Philip dan Ratu Elizabeth II

Berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya, saat mobilitas masyarakat meningkat, maka terjadi kenaikan tren kasus Covid-19 yang juga menyebabkan kenaikan angka kematian. Bagi masyarakat yang ingin melakukan perjalanan selama periode peniadaan mudik, maka harus melengkapi persyaratan.



Masyarakat wajib memiliki surat izin perjalanan atau SIKM (Surat Izin Keluar Masuk). Pelaku perjalanan dalam periode yang dimaksud wajib memiliki versi cetak dari surat izin perjalanan tertulis atau SIKM yang dilengkapi dengan tanda tangan basah dari pimpinan atau kepala desa maupun lurah.

Baca Juga : Bisakah Hamil saat Sedang Menstruasi? Cek Faktanya Ini!

Surat Izin perjalanan atau SIKM memiliki tiga ketentuan. Diantaranya berlaku secara individual, berlaku untuk satu kali perjalanan pulang-pergi dan bersifat wajib untuk pelaku perjalanan usia 17 tahun ke atas.
(dra)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top