GrabFood Bongkar 5 Kebiasaan Makan Masyarakat Selama Ramadan

Rabu, 20 Mei 2020 - 20:14 WIB
loading...
GrabFood Bongkar 5 Kebiasaan Makan Masyarakat Selama Ramadan
GrabFood bongkar 5 kebiasaan makan masyarakat Indonesia selama Ramadan. Foto/Ist.
A A A
SURABAYA - Tak terasa bulan Ramadan akan segera berlalu. Menahan lapar dan haus telah berhasil kita lewati, hawa nafsu juga telah dieliminasi, hanya sepertinya rasa rindu pada pujaan hati yang bikin nggak tahan sepanjang hari. Iya kan?

(Baca juga: Ratusan Warga Sekitar Pabrik Sampoerna Jalani Swab Tes Corona )

Ya. Ramadan tahun ini jelas berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Jika Ramadan biasanya lekat dengan acara buka puasa bersama, berkunjung ke sanak saudara, atau beribadah bersama, tahun ini kita diharuskan untuk menjaga jarak dan melakukan kegiatan secara virtual. Tapi, ada satu hal yang sama. Yakni bagaimana makanan mempersatukan dan membawa kehangatan bagi tiap keluarga di Indonesia, dari Sabang hingga Merauke.

GrabFood merangkum 5 kebiasaan yang dilakukan masyarakat Indonesia selama Ramadan 2020. Simak datanya berikut:

Fakta #1: Jumlah Ayam Goreng yang Terjual Setara Jarak Ancol ke Gedung Sate! Tahukah kamu bahwa pada bulan Ramadan ini sudah lebih dari 4,2 juta menu olahan Ayam Goreng yang terjual? Jika kita menyusun piring dari 4,2 juta porsi Ayam Goreng ini secara mendatar, panjangnya mencapai 168 kilometer, atau setara dengan jarak dari Ancol di Jakarta Utara hingga Gedung Sate di Bandung!

Wah, kebayang banyaknya ya! Menu Ayam tetap menjadi primadona sebagian besar masyarakat pada bulan Ramadan. Jika tahun 2019 lalu Ayam Penyet menjadi favorit, tahun 2020 aneka olahan Ayam Goreng seperti Egg Chicken Roll dan Ayam Goreng Crispy menjadi incaran. Bedanya, tahun ini muncul 2 menu favorit baru selama Ramadan yang dipesan masyarakat Indonesia, yaitu Ikan Sambal Matah dan juga Bebek Goreng.

Selain aneka olahan ayam, masyarakat Surabaya juga memiliki menu jagoan yang paling sering dipesan seperti Mie Ayam Pedas dan Udang Keju. Sementara di Medan, Nasi Urap dan Kwetiau Goreng yang menjadi kesukaan. Beda lagi dengan di Makassar, di mana Jalangkote dan Es Pisang Ijo yang jadi incaran.

Ternyata masyarakat Indonesia di tiap kota, punya kesukaannya tersendiri ya untuk berbuka! Tidak mengherankan juga jika menu Ayam Goreng Krispi dan Nasi menjadi favorit masyarakat Indonesia yang dipesan melalui GrabFood untuk Sahur.

Fakta #2: Untuk Buka Puasa, Bukan Pisang Goreng Lagi, Tapi Udang Rambutan! Adzan Maghrib menggema, waktu berbuka puasa pun tiba. Pada tahun 2019 lalu, Pisang Goreng hangat dan legit dipilih masyarakat sebagai takjil pembuka puasa. Tahun ini, mereka beralih ke DATA STORY: RAMADAN INSIGHT Udang Rambutan dan juga Mie Pedas! Untuk penyegar, pelanggan banyak memesan Susu Segar.

Jika kita melihat data di tiap kota, Es Krim menjadi favorit bagi masyarakat di Surabaya dan Bandung. Untuk masyarakat Medan, Milk Tea dengan Bubble yang segar menjadi nomor satu. Sedangkan di Makassar, menu lokal khas Es Pisang Ijo tetap di hati.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1986 seconds (0.1#10.140)