Makanan Khas Selama Ramadhan, Ini 5 Manfaat Kurma Bagi Kesehatan

Senin, 12 April 2021 - 12:45 WIB
loading...
Makanan Khas Selama Ramadhan, Ini 5 Manfaat Kurma Bagi Kesehatan
5 Manfaat Kurma Bagi Kesehatan. Foto/Healthline.
A A A
JAKARTA - Kurma merupakan salah satu buah asal negeri Jazirah Arab yang sudah akrab di telinga masyarakat Indonesia. Buah ini juga mendadak mudah dijumpai ketika bulan puasa tiba.

Buah yang juga sering disebut sebagai buah nabi ini memiliki sejumlah manfaat yang menguntungkan. Secara umum, kandungan utama dari buah ini adalah karbohidrat sederhana (terutama gula, seperti sukrosa dan fruktosa). Hampir 70% dari kurma terdiri dari karbohidrat.

Kurma juga kaya akan asupan kalsium, zat besi, vitamin K, folat, serta antioksidan seperti karoten, fenolik, avanoid, dan anthocyanin. Dibedakan dari tingkat kematangannya, kandungan nutrisi buah ini bisa bervariasi antara satu dengan yang lain.



Misalnya saja, kurma segar lebih sedikit kandungan kalori dan gulanya ketimbang kurma kering. Per 100 gram kurma yang dikeringkan mengandung 284 kalori dan 76 gram karbohidrat.

Dengan takaran sama, buah yang segar mengandung hanya sekitar 142 kalori dan 37 gram karbohidrat. Sebaliknya, kurma segar memiliki kandungan air, serat, dan protein yang jauh lebih banyak daripada versi keringnya. Melihat kandungan nutrisinya yang beragam, dilansir MNC Portal Indonesia dari berbagai sumber, Senin (12/4) berikut manfaat kurma bagi kesehatan tubuh.

1. Memberi energi bagi tubuh

Kandungan gula fruktosa dalam kurma dapat dengan cepat diserap oleh tubuh. Sehingga dapat memberi energi dan merevitalisasi tubuh dengan cepat. Ini alasannya, kurma sangat dianjurkan untuk dikonsumsi ketika berbuka puasa dan saat tubuh kekurangan energi.



2. Menjaga kesehatan pencernaan
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2740 seconds (0.1#10.140)