Tips Persiapkan Anak Belajar Tatap Muka Kembali di Sekolah

Selasa, 13 April 2021 - 05:30 WIB
loading...
Tips Persiapkan Anak Belajar Tatap Muka Kembali di Sekolah
Foto Ilustrasi. Foto/MPI/Tata Rahmanta
A A A
JAKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim mengizinkan pembukaan kembali sekolah yang akan dilakukan mulai Juli 2021. Menanggapi hal tersebut, banyak pihak melakukan berbagai persiapan guna menyambut kembalinya para siswa ke sekolah.

Sebagai orangtua, tentu Anda menginginkan anak dapat belajar dengan aman dan nyaman di sekolah. Karenanya, berikut tips yang bisa Anda lakukan untuk mempersiapkan anak kembali ke sekolah, sebagaimana dilansir dari Scholastic pada Senin (12/4).



1. Kunjungi Sekolah sebelum Hari Pertama

Anda bisa mengunjungi sekolah dan melihat keadaan kelas sebelum sekolah benar-benar kembali dibuka untuk para siswa. Anda juga dapat melihat taman bermain tempat anak Anda meluangkan waktu pada jam istirahat di sekolah. Anda bisa pula mempertimbangkan untuk mengundang guru datang ke rumah.

2. Ajak Anak Berbicara

Bicaralah dengan anak Anda mengenai perasaannya tentang sekolah, teman, guru, dan aktivitas baru. Ini akan membantu meredakan kecemasan bagi Anda maupun sang anak sebelum berinteraksi dengan mereka di tengah pandemi COVID-19.

3. Lakukan Simulasi

Setelah sekian lama tidak pernah menyentuh sekolah, bisa jadi anak Anda lupa apa yang harus dilakukan ketika ia kembali ke sekolah. Karenanya, latihan akan membantu anak Anda untuk membiasakan diri. Anggaplah ini hari sekolah, dan lakukan langkah-langkah untuk bangun, berpakaian, makan, dan keluar dari rumah.

Anda juga bisa melatih keterampilan sang anak dengan membiasakan melakukan pekerjaannya sendiri, mengganti seragam sendiri, dan mencuci tangan. Anak Anda akan merasa lebih percaya diri saat diminta melakukan hal-hal tersebut di sekolah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8557 seconds (0.1#10.140)