Mengenal Hipospadia, Kelainan yang Dialami Aprillia Manganang

Selasa, 13 April 2021 - 11:35 WIB
loading...
Mengenal Hipospadia, Kelainan yang Dialami Aprillia Manganang
Mengenal Hipospadia, Kelainan yang Dialami Aprillia Manganang. Foto/MNC Media.
A A A
JAKARTA - Telur bikin bisulan? Mitos atau Fakta nih? Jadi sebenarnya itu adalah mitos, lho! Telur kalau dalam istilah kedokteran itu disebut dengan furuntel dan penyebabnya itu paling sering adalah bakteri. Tapi kenapa sering terdengar bahwa ketika kita habis makan telur besoknya bisa bisulan? Itu karena mungkin orang yang habis memakan telur itu mempunyai alergi terhadap telur dan menimbulkan gatel lalu tangan kita menyentuh atau menggaruk dan bisa jadi bakteri yang ada dalam tangan kita nah itulah yang bisa menyebabkan bisul.

Hipospadia dimana ketika seorang laki-laki namun terlihat seperti perempuan yang akan dibahas langsung oleh dr. Nadia Alaydrus di Podcast Kata Dokter dalam aplikasi RCTI+. Kelainan ini yang dialami oleh atlet voli nasional Aprilia Manganang yang akhirnya saat dewasa ia ditetapkan sebagai pria setelah sekian lama hidup sebagai perempuan.



“Hipospadia itu apa sih? Karena sekarang itu lagi banyak yang bertanya-tanya karena kita tau ya kemarin habis ada berita yang cukup viral karena ada salah satu atlet voli kebanggaan Indonesia namun dia sempat masuk berita karena berada dalam kategori wanita padahal dia itu adalah seorang laki-laki jadi sebenarnya hipospadia adalah sebuah kondisi dimana lubang kencing seorang laki-laki itu letak nya tidak di ujung penis seperti orang normal,” jelas dr Nadia Alaydrus.

Kembali pada kasus seorang atlet voli tersebut, “Mungkin saat dia lahir dia itu memiliki kelainan pada sistem reproduksi dan itu yang disebut dengan hipospadia dan kelainan itu memang terjadi sejak lahir,” tambah dr. Nadia.

Lalu apakah yang menjadi penyebab dari hipospadia itu sendiri? “Hipospadia disebabkan oleh faktor genetik dan juga multifaktorial dimana banyak faktor termasuk salah satunya itu adalah pola hidup si ibu nah misalnya kehamilan diatas 35 tahun, kehamilan tersebut kita tahu bahwa itu memiliki beberapa resiko atau mengkonsumsi obat-obat yang sifatnya hormonal,” ungkap dr. Nadia Alaydrus.



Lalu apakah gejala dari hipospadia itu sendiri dan bagaimana cara mengetahuinya? Temukan jawabannya hanya di Podcast Kata Dokter bersama dr. Nadya Alaydrus eksklusif hanya di aplikasi RCTI+ atau langsung klik link dibawah ini: https://radio.rctiplus.com/player-music?contentType=podcast&contentId=3831 . Download aplikasi RCTI+ di Play Store dan App Store untuk bisa menikmati banyak konten seru lainnya atau melalui link https://www.rctiplus.com .
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1769 seconds (0.1#10.140)