Tidak Batalkan Puasa, Sebelum Vaksinasi Covid-19 Lakukan Tiga Hal Ini

loading...
Tidak Batalkan Puasa, Sebelum Vaksinasi Covid-19 Lakukan Tiga Hal Ini
Masyarakat mesti tahu bahwa tubuh yang berpuasa dan mendapatkan vaksin, itu tidak akan memberi pengaruh yang membahayakan tubuh. / Foto: ilustrasi/dok. SINDOnews
JAKARTA - Majelis Ulama Indonesia (MUI) menegaskan bahwa vaksinasi Covid-19 tidak membatalkan puasa Ramadhan. Karena fatwa tersebut, banyak dari Anda mungkin sudah mempersiapkan diri untuk divaksin siang hari saat masih berpuasa.

Baca juga: Berpahala dan Menyehatkan, Dokter Sarankan Pasien Maag Perbanyak Dzikir dan Baca Al-Quran

Tapi, apakah ada hal-hal yang harus dilakukan sebelum mendapatkan vaksin Covid-19 saat berpuasa? Atau ada pantangan khusus agar vaksinasi bisa berjalan lancar?

Juru Bicara Vaksinasi Kementerian Kesehatan , Siti Nadia Tarmizi menerangkan bahwa soal persiapan vaksin saat berpuasa itu tidak ada yang khusus. "Jadi, kalau ditanya apakah ada persiapan khusus sebelum divaksin saat berpuasa, jawabannya tidak ada," katanya dalam keterangan pers virtual, Senin (12/4).

Masyarakat mesti tahu bahwa tubuh yang berpuasa dan mendapatkan vaksin, kata Nadia, itu tidak akan memberi pengaruh yang membahayakan tubuh. Sehingga, vaksin saat berpuasa tidak membatalkan dan aman untuk tubuh.



Meski tak ada persiapan khusus, ada tiga hal penting yang mungkin bisa menjadi catatan penting bagi Anda yang mau divaksin selagi berpuasa.

Pertama adalah memastikan tidur malamnya cukup. Ini tentu berdampak pada kebugaran tubuh di keesokan harinya.

Kemudian, kedua adalah saat makan sahur, usahakan konsumsi panganan yang bergizi dan seimbang. Jangan kemudian malah terlalu rakus karena beranggapan supaya tubuh tidak 'ngedrop' pascavaksinasi.

Baca juga: Telat Bangun Sahur? Buat Saja Telur Gulung, Praktis

"Dan yang ketiga adalah menyukupi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih dengan jumlah yang sudah ditentukan dokter pribadi Anda atau secara umum 8 gelas sehari," tambah Nadia.
(nug)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top