Atasi Dehidrasi, Konsumsi Jus Semangka Selama Puasa Ramadhan

loading...
Atasi Dehidrasi, Konsumsi Jus Semangka Selama Puasa Ramadhan
foto/ dok istimewa
JAKARTA - Dalam menjalankan ibadah puasa Ramadhan tahun ini, umat muslim dihadapkan dengan kondisi yang penuh tantangan yakni dalam masa pandemi Covid-19.

Selain itu, ramadhan kali ini berada dengan cuaca panas. Karena itu sangat penting untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan terutama tetap terhidrasi dan tidak kekurangan cairan saat menjalani ibadah puasa.

Baca juga : Mozzarella Cheese Ring Cocok untuk Camilan atau Ide Jualan

Jus buah seperti jus semangka dianggap menjadi pilihan terbaik dikonsumsi saat sahur karena dapat menjaga tubuh tetap sejuk, mencegah dehidrasi hingga memberikan vitamin dan mineral esensial bagi tubuh.

Jus semangka dikenal rendah karbohidrat dan tinggi serat, serta mengandung asam amino seperti l-citrulline dan karotenoid seperti likopen.

Baca juga : Ini Alasan Harus Mengonsumsi Kurma saat Berbuka Puasa



Minum jus semangka juga dapat memenuhi 17 persen dari kebutuhan harian akan vitamin A dan 21 persen dari kebutuhan harian akan vitamin C. Berikut adalah manfaat konsumsi Jus Semangka seperti dilansir Boldsky yakni :

1. Menjaga cairan tubuh

Kandungan airnya yang tinggi membuat jus semangka dapat membantu menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh dan memberikan rasa kenyang. Kandungan cairan jus semangka juga dapat memuaskan dahaga dan mencegah dehidrasi.

2. Memberi energi

Jus semangka menyediakan sekitar 30 kkal energi per 100 g jus sehingga menjadi minuman penambah energi instan karena adanya vitamin C, vitamin A dan magnesium.



Baca juga : Resep Bebek Goreng Sambel Ireng, Inspirasi Menu Berbuka Puasa

3. Membuang racun

Semangka juga dikenal dapat membantu mengeluarkan racun dari tubuh karena adanya kandungan mineral kalium yang tinggi yang dapat meningkatkan fungsi ginjal dan menyaring kelebihan asam urat, gula, dan racun lain yang ada di dalam darah.
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top