Ini Cara Memilih Kulkas yang Tepat Guna

loading...
Ini Cara Memilih Kulkas yang Tepat Guna
Belezza Jumbo, kulkas Polytron, baik dari fitur maupun ukuran memiliki harga yang sama dengan kompetitor di kelasnya, namun dari sisi kapasitas dan fitur bisa diadu
JAKARTA - Salah satu perangkat elektronik yang paling dibutuhkan adalah kulkas. Dengan kulkas, kita bisa mempertahankan kesegaran makanan ataupun minuman. Dengan kulkas kita bisa menyetok makanan, hingga kurun waktu tertentu. Dengan demikian, kita tidak harus setiap saat ke pusat perbelanjaan. Namun bisa disiasati hanya dengan kurun waktu tertentu saja. Pendeknya, kulkas juga bisa membantu efisiensi waktu bagi pemiliknya.

Dengan pentingnya keberadaan kulkas, hampir setiap rumah tangga memiliki kulkas di rumahnya. Bahkan tak jarang ada yang memiliki lebih dari satu, untuk memenuhi kebutuhannya. Hal ini menjadikan perusahaan kulkas, berlomba-lomba memberikan produk kulkas terbaiknya. Tak heran, dengan banyaknya ragam kulkas yang beredar di masyarakat, menjadikan pengguna, sulit memilihnya.

Nah, berikut hal-hal yang perlu diperhatikan, ketika memilih kulkas yang baik:

1. Kapasitas Ruang Kulkas
Sebelum memilih jenis kulkas pertimbangan pertama adalah menyesuaikan ukuran tempat yang ada di dalam dapur atau ruangan. Jangan lupa juga pertimbangkan luas ruang yang dibutuhkan untuk membuka pintu kulkas, atau berapa ukuran lebar dan tinggi kulkas tersebut.

Selain itu, sebaiknya ukuran kulkas disesuaikan dengan jumlah kebutuhan di rumah. Misalnya, kebutuhan keluarga kecil dan keluarga besar, tentunya akan berbeda. Memiliki keluarga besar dan rutin berbelanja banyak tiap bulan maka tentu lebih baik memilih kulkas dengan kapasitas besar. Sebaliknya, jika anggota keluarga kecil dan tidak sering berbelanja banyak, dapat memilih kulkas ukuran kecil.



2. Desain
Untuk desain yang dipilih, itu sangat bergantung pada selera dan kepuasan masing-masing orang. Kebanyakan akan memilih kulkas yang memiliki desain dan warna yang senada dengan gaya interior dapur. Dengan desain yang senada biasanya membuat suasana dapur menyenangkan. Karena estetika ruangan di dalam rumah bisa menimbulkan kenyamanan.

3. Teknologi Pendingin
Kita perlu memilih teknologi pendingin kulkas yang dipilih. Masing-masing orang memiliki kebutuhan kulkas dengan kemampuan pendingin beragam. Untuk pendingin, kita bisa mengecek melalui label berupa gambar bintang di bagian kanan atas pada pintu kulkas.

Ada dua jenis gambar bintang di kulkas yang wajib dikenali. Ada kulkas dengan gambar bintang berjumlah tiga, dan ada yang mencapai lima. Jika kulkas berlabel tiga bintang, ini artinya kemampuan pendingin yang ditawarkan sebesar -150°C. Sedangkan untuk kulkas berlabel 5 bintang artinya suhu maksimum yang mampu dihasilkan mencapai angka -210°C. Jadi, kita bisa memilih sesuai kebutuhan .

5. Fitur Wadah 'Compartment'
Fitur wadah ini sangat penting menjadi pertimbangan memilih kulkas. Mulai dari penyimpanan buah dan sayur. Sebaiknya wadah buah-buahan tidak memiliki lubang. Ini untuk menjaga kesegarannya. Sedangkan tempat penyimpanan sayur-mayur harus memiliki lubang. Gunanya untuk menjaga sirkulasi udara dan suhu agar kesegarannya lebih terjaga.

Kemudian rak telur, apakah ada lubangnya. Untuk menjaga kualitas telur dan keamanannya, sebaiknya pilih kulkas yang memiliki lubang untuk wadah telur.



Rak-rak makanan dan minuman pada interor kulkas harus yang bisa disetel supaya mudah dalam penggunaan fungsinya.

Wadah lain yangh perlu dicek yakni, wadah pembuangan di belakang bodi kulkas. Pilihlah kulkas yang memiliki wadah dengan sirkulasi udara yang baik. Dengan demikian air lebih mudah dan cepat menguap.

6. Hemat Listrik
Ini harus menjadi pertimbangan. Mengingat kulkas barang yang dipakai dalam jangka waktu lama. Kulkas terhubung dengan listrik dan memakan energi selama 24 jam setiap harinya. Maka dari itu pilih kulkas hemat listrik, tidak hanya untuk biaya yang lebih hemat tapi juga ramah lingkungan atau eco friendly.
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top