Cara Efektif Oki Setiana Dewi Ajarkan Anak-anak Berpuasa

Kamis, 15 April 2021 - 05:30 WIB
loading...
Cara Efektif Oki Setiana Dewi Ajarkan Anak-anak Berpuasa
Cara Efektif Oki Setiana Dewi Ajarkan Anak-anak Berpuasa. Foto/Instagram.
A A A
JAKARTA - Oki Setiana Dewi memiliki cara sendiri untuk mengajarkan anak-anak berpuasa . Menurut Oki, mengajarkan anak puasa merupakan kewajibannya sebagai orangtua.

Cara agar anak-anaknya mau belajar berpuasa , yaitu dengan membiasakan diri bangun sahur bersama.

"Dibiasakan bangun sahur bersama kita," kata Oki dikutip dari kanal YouTube Rumah Celeb MNCTV, Rabu (14/4).

Selain itu, Oki juga memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang makna puasa itu sendiri. Terlebih cara penyampaiannya pun harus dengan bahasa anak-anak, supaya lebih mudah diterima.



"Jadi harus dijelasin ke anak-anak, kenapa sih kita harus puasa, dengan bahasa yang mudah aja. 'Tahu nggak sih, puasa itu bagian dari rukun Islam', orang Islam kan nggak cuma syahadat, sholat tapi juga berpuasa," terang Oki.

Presenter sekaligus pendakwah ini menjelaskan, pada dasarnya tak ada paksaan berpuasa kepada anak-anak. Serta di dalam Islam pun tidak ada patokan, di usia berapa seorang anak harus menjalankan puasa.

Lain halnya dengan salat, sudah tertulis dan dijelaskan di dalam Alquran, batas usia wajibnya sholat bagi anak yaitu di usia 7 tahun.



"Sebenarnya kalau di dalam Islam sendiri kita tahu nggak ada secara eksplisit puasa harus di umur berapa, yang ada salat," tutup Oki.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1127 seconds (0.1#10.140)