Percantik Pekarangan Rumah, Ini Tips Membuat Gazebo

loading...
Percantik Pekarangan Rumah, Ini Tips Membuat Gazebo
foto: doc Sindonews
JAKARTA - Ingin memanfaatkan pekarangan di rumah jadi tempat untuk nongkrong atau sekadar bersantai? Membuat gazebo mungkin bisa jadi pilihan yang layak dipertimbangkan. Gazebo tidak hanya bisa dipakai buat santai, kumpul bersama keluarga, tapi acara lain seperti pesta kecil-kecilan, diskusi dan lain-lain.

Jangan lupa gazebo juga bisa jadi elemen pemanis pekarangan rumah. Membuat gazebo mungil mungkin terlihat mudah dengan bahan-bahan sederhana sisa membangun rumah induk. Padahal tidak semudah yang dibayangkan juga lho. Jadi, baik kiranya bila kita memahami cara membuat gazebo minimalis yang estetis dan mengekspresikan selera sederhana tapi berkelas.
Berikut ini tahapan-tahapannya.

1. Desain
Meski mungil, model gazebo kudu dirancang atau didesain lebih dulu. Menentukan model. Misal gazebo tradisional dibuat dengan unsur alam seperti dominasi batu, kayu, dan bambu. Ada pula model klasik ala Eropa. Semua bergantung selera tentunya. Masuk dalam tahap desain ini adalah pewarnaan.

2. Tentukan Posisi
Gazebo umumnya dibangun di tengah atau sudut pekarangan agar pemilik dapat menikmati pemandangan sekitar secara leluasa. Selain di tengah kita juga dapat menempatkannya pada posisi terluar taman. Posisi ini juga akan memungkinkan kita menikmati seluruh keindahan dan keteduhan pekarangan. Sebaiknya jangan tempatkan gazebo di bawah pohon. Sebab hal ini akan merusak tampilan bangunan secara keseluruhan. Selain itu dari segi keamanan juga kurang.

3. Mengatur Jarak
Mengatur jarak antara gazebo dan rumah sebagai bangunan utama juga harus diperhatikan. Gazebo akan terlihat lebih menarik dan elegan bila jaraknya dari bangunan utama tidak terlalu dekat. Para arsitek kenamaan menyarankan jarak minimal gazebo dengan rumah sebaiknya sejauh 2 meter dari dinding terluar rumah. Tujuannya agar ketika hujan, air yang jatuh dari atap tidak langsung mengenai gazebo.



4. Menghitung Lahan
Menghitung luasan lahan tentunya juga patut dilakukan, supaya proporsi gazebo dan pekarangan terlihat seimbang. Ukuran gazebo yang terlalu besar akan mengesankan pekarangan jadi sesak. Jadi kita kudu mengukur lahan yang digunakan, ukuran gazebo minimalis harus diperhatikan. Ukuran standar yang dianjurkan para jagoan gazebo berkisar antara 2×2 meter dan memerlukan lahan sekitar 20 meter persegi dan sanggup menampung sampai 4 orang di dalamnya.

5. Akses Jalan
Hal yang sangat penting juga adalah akses jalan dari dan ke bangunan utama. Disarankan lebar jalan yang dibutuhkan kurang lebih 40-90 cm agar memberikan keleluasaan ketika berjalan. Bisa juga dengan desain jalan yang berkelok atau zigzag melalui sudut-sudut taman yang menarik.

6. Material Bangunan
Nah, sekarang kita sampai ke material bangunan. Baik untuk tiang-tiangnya, pagar, lantai, landasan jalan, hingga atap tentunya. Pastinya kita ingin gazebo yang kita bangun tidak hanya estetis, tapi juga kuat dan tahan lama. Kebanyakan orang gandrung sekali membuat gazebo dari material alam seperti kayu, batu, hingga bambu. Mungkin untuk menghidupkan kesan natural.
Percantik Pekarangan Rumah, Ini Tips Membuat Gazebo

Apa pun pilihan materialnya, semen jelas merupakan elemen tak terpisahkan. Semen Gresik sangat layak dipertimbangkan untuk jadi pilihan. Setidaknya ada tiga alasan memilih Semen Gresik untuk apa pun jenis dan tipe bangunan Anda:

Pertama, Semen Gresik memiliki mutu kuat tekan awal lebih tinggi serta lebih cepat kering pada penggunana tipe banguan apa pun.

Kedua, Semen Gresik lebih mudah digunakan dengan kualitas hasil lebih halus. Semen ini cocok digunakan untuk penggunaan umum dan elemen bangunan lainnya.



Ketiga, Semen Gresik diproduksi menggunakan bahan baku terpilih sehingga mampu memperkuat konstruksi bangunan Anda. Melalui proses uji coba Sistem Manajemen ISO 14001, Semen Gresik terbukti menjadi produk ramah lingkungan. CM
(ars)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top