Cegah Dehidrasi, Ini Asupan yang Baik Dikonsumsi Selama Puasa!

loading...
Cegah Dehidrasi, Ini Asupan yang Baik Dikonsumsi Selama Puasa!
Semangka adalah salah satu buah yang bagus dikonsumsi saat puasa. Foto/Istimewa
JAKARTA - Kondisi kekurangan cairan atau dehidrasi mungkin menjadi salah satu yang ditakutkan ketika menjalani ibadah puasa , karena hampir selama 12 jam tidak ada makanan atau minuman yang masuk ke dalam tubuh.

Namun jangan khawatir, ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk cegah dehidrasi saat puasa, antara lain memperhatikan makanan dan minuman saat anda sahur dan berbuka. Dilansir Boldsky, Berikut adalah asupan yang harus dan jangan Anda konsumsi untuk cegah dehidrasi.

Makanan yang Baik Dikonsumsi

1. Semangka

Buah semangka mengandung sekitar 92 persen air per 100 gram dan mengandung antioksidan alami seperti likopen, sitrulin, dan asam askorbat, buah ini juga kaya vitamin seperti Vitamin B1 dan B6, dan mineral seperti magnesium dan kalium.



Baca Juga : Perketat Protokol Kesehatan, Hotel Ciputra Terapkan GeNose C19

2. Blewah

Blewah 90-99 persennya terdiri air. Selain itu, kulit dan biji blewah juga kaya akan polifenol, flavonoid, tanin, dan karotenoid yang memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh diantaranya mencegah risiko dehidrasi.

3. Selada

Selada merupakan salah satu sayuran hijau yang mengandung banyak air, sayuran ini menjadi sumber yang sangat baik untuk mencegah dehidrasi saat berpuasa.



4. Mentimun

Mentimun merupakan sumber potasium, asam folat, dan vitamin C sehingga saat baik untuk menghidrasi tubuh.

Baca Juga : Agar Bobot Tidak Naik Drastis Selama Puasa, Begini Tips ala Deddy Corbuzier

Makanan yang Harus Dihindari

1. Kopi / Teh

Minuman berkafein seperti kopi dan teh, perlu anda batasi saat puasa karena jika dikonsumsi dalam jumlah banyak, dapat menyebabkan dehidrasi.

2. Makanan tinggi garam

Terlalu banyak mengonsumsi makanan asin seperti keripik, gorengan atau daging olahan dapat menarik air dari sel tubuh sehingga menyebabkan dehidrasi.
(wur)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top