Tips Ampuh Usir Kantuk saat Puasa, Cocok buat Pekerja Kantoran

Selasa, 20 April 2021 - 03:32 WIB
loading...
Tips Ampuh Usir Kantuk saat Puasa, Cocok buat Pekerja Kantoran
Foto Ilustrasi/Eat This, Not That
A A A
JAKARTA - Salah satu tantangan terberat saat berpuasa adalah mengusir rasa kantuk. Kondisi ini disebabkan oleh perubahan ritme sirkadian alias jam biologis tubuh.

Mengutip Hellosehat, ritme sirkadian adalah jadwal kerja berbagai sistem serta organ tubuh manusia. Misalnya organ tubuh mana yang harus bekerja keras saat ini dan mana yang harus beristirahat dalam rentang waktu tertentu.



Namun, Anda tidak perlu khawatir! Ada lima cara sederhana untuk mengusir rasa kantuk dan mengembalikan energi di dalam tubuh yang hilang. Yuk simak ulasan lengkapnya, sebagaimana dilansir dari laman WebMD, Senin (19/4).

1. Berjalan Kecil di Sekitar Kantor

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Robert Thayer, seorang profesor dari California State University menemukan bahwa seseorang akan terhindar dari rasa kantuk dengan cara berjalan kecil di sekitar atau ruangan kantor. Cara ini sangat ampuh untuk menjaga kesegaran tubuh, terutama bagi mereka yang bekerja di depan layar komputer hingga berjam-jam lamanya.

Robert mengatakan, berjalan kecil di sekitar kantor dapat memompa oksigen dalam pembuluh darah, otak, dan otot sehingga Anda akan terhindar dari rasa kantuk.

2. Istirahatkan Mata

Menatap layar komputer dan gadget dalam waktu yang cukup lama diklaim dapat memicu rasa kantuk sekaligus kelelahan. Berpalinglah dari layar selama beberapa menit secara berkala untuk mengistirahatkan mata Anda.

3. Berbincang dengan Teman Kantor
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3683 seconds (0.1#10.140)