Penting Disimak! Penjelasan Ustadz Najmi soal Puasa dan Sahur Kesiangan

loading...
Penting Disimak! Penjelasan Ustadz Najmi soal Puasa dan Sahur Kesiangan
Foto/MNC Media
JAKARTA - Di acara Nunggu Bedug, Ustadz Najmi Fathoni akan berbagi informasi dan menjawab pertanyaan-pertanyaan menarik. Walaupun di Ramadhan kali ini masih harus membatasi diri untuk pergi ke luar rumah, kita bisa tetap belajar dan menggali banyak informasi baru melalui media sosial.

Pertanyaan kali ini disampaikan oleh penyanyi Alif Rizky atau yang dikenal sebagai Paijo. Alif bertanya tentang kesiangan sahur di bulan puasa.

“Kalau kita sahur tapi kesiangan udah keburu adzan subuh, kita masih bisa melanjutkan puasa?,” tanya Alif Rizky atau Paijo.

Sebelum menjawab, Ustadz Najmi menjelaskan batas puasa terlebih dulu. Ia menjelaskan bahwa di masa subuh terdapat dua fajar yaitu fajar shadiq dan fajar kadzib.

Fajar kadzib terbit di awal, ciri-ciri yang dapat dilihat yaitu sinar yang berwarna putih yang perlahan-lahan menghilang. Sedangkan fajar shadiq berwarna agak kemerah-merahan, awalnya redup namun makin lama akan semakin terang.



Fajar shadiq merupakan pertanda waktu subuh. Mulai fajar shadiq sampai terbenamnya matahari adalah waktu puasa umat muslim.

“Ketika kita lagi makan terdengar adzan, ketika masih ada santapan di hadapan kita, tuntaskan dulu,” jelas Ustadz Najmi.

Yuk dengar penjelasan Ustadz Najmi selengkapnya di YouTube channel StarHits!

(tsa)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top