Bunda, Nasi Bukan Pilihan Menu Sahur yang Tepat untuk Si Kecil

Rabu, 21 April 2021 - 21:10 WIB
loading...
Bunda, Nasi Bukan Pilihan Menu Sahur yang Tepat untuk Si Kecil
Bunda, Nasi Bukan Pilihan Menu Sahur yang Tepat untuk Si Kecil. Foto/Marie France Asia.
A A A
JAKARTA - Nasi merupakan makanan pokok orang Indonesia. Karenanya, tak heran jika banyak orang memilih konsumsi nasi saat santap sahur . Begitu juga dengan anak-anak.

Pakar Kesehatan Prof Aryono Hendarto mengatakan bahwa makan nasi saat sahur buat si kecil bukannya tidak boleh atau dilarang sama sekali. Nasi merupakan jenis karbohidrat sederhana, sehingga mudah dikosongkan di lambung.

"Efeknya apa? Perut si kecil akan jadi lebih mudah lapar lagi meski dia makan banyak nasi saat sahur. Sebab, nasi dapat sangat mudah dicerna," kata Prof Aryono dalam keterangan virtual beberapa waktu lalu.



Solusi yang ditawarkan Prof Aryono dalam masalah ini adalah orang tua harus menambahkan menu karbohidrat ke piring anak bukan hanya nasi.

"Jadi, ada kombinasi menu di piring si kecil. Misalnya kacang-kacangan yang memiliki sifat tidak mudah dicerna yang berarti akan lama ada di perut dan rasa laparnya jadi bisa lebih lama munculnya," sarannya.

Selain itu, ada karbohidrat lain yang bisa dijadikan referensi supaya si kecil tidak bosan hanya makan satu atau dua jenis panganan saja.



"Karbohidrat lain yang bisa dijadikan pilihan adalah roti atau ubi-ubian," tutup Prof Aryono.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2600 seconds (0.1#10.140)