Perempuan Desa Peduli Gambut Kalsel Dukung Penuh Fesyen Berkelanjutan

Kamis, 22 April 2021 - 00:17 WIB
loading...
A A A
Sementara itu, Pemerintah Kabupaten Balangan melalui Dinas yang mengurus UMKM juga memberi dukungan untuk peningkatan kapasitas para pengrajin.

Solidaritas antar kelompok pun terbangun baik di antara para pengrajin ini. Kelompok pengrajin sasirangan di HSU, misalnya, menularkan pengetahuan pada kelompok di Balangan. Sedangkan kelompok Aneka Karya Sasirangan di Balangan, mendukung kelompok pengrajin purun di desa mereka yang mulai bangkit, dengan membeli produk dan memasarkan bersama produk mereka.

"Pengalaman dari Desa-desa Peduli Gambut di Kalsel ini menunjukkan pada kita bahwa soal melindungi ekosistem gambut bukan semata soal teknis tetapi juga terkait dengan kebudayaan dan gaya hidup. Fesyen berkelanjutan menjadi penghubung kedua hal itu," Deputi Bidang Edukasi dan Sosialisasi, Partisipasi dan Kemitraan BRGM, Myrna Safitri, yang telah membina kelompok-kelompok pengrajin perempuan di desa-desa gambut di sejumlah provinsi sejak 2017.

Baca juga: Peringati Hari Kartini, Cinta Laura Ingatkan Perempuan Harus Percaya Diri

"Keanekaragaman hayati di lahan gambut terjaga dan makin kaya, ketika memberi pula manfaat ekonomi bagi masyarakat. Di sisi lain, kita juga perlu ingat pada perdagangan beretika yang penting diusung dalam usaha ini sehingga dimensi kemanusiaan tetap terpelihara," lanjutnya.
(nug)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1971 seconds (0.1#10.140)