Rutin Perawatan, Bisa Cegah Penuaan Dini Kulit Wajah Sejak Muda

Jum'at, 23 April 2021 - 22:05 WIB
loading...
Rutin Perawatan, Bisa Cegah Penuaan Dini  Kulit Wajah Sejak Muda
foto / dok erha
A A A
JAKARTA - Seiring bertambahnya usia, elastisitas kulit manusia semakin menurun. Tahukah Anda, di usia 20 tahun kolagen dan kekencangan kulit mulai berkurang hingga bisa berujung pada penuaan dini ?

Para ahli pun menyarankan, supaya memakai skincare atau menjalani perawatan sejak dini. CEO of Arya Noble Dermatology, Alfons Sindupranata mengatakan, dari survei yang dilakukan JakPat untuk ERHA Age Corrector, 76 persen wanita Indonesia merasa gejala penuaan dini yang mereka alami merupakan masalah serius perlu diatasi.

Baca juga : BTS Resmi Jadi Global Ambassador Louis Vuitton

"Dari pengalaman tersebut kami melihat banyaknya kekhawatiran mengenai masalah penuaan dari pasien kami," ujarnya saat launching ERHA Age Corrector secara virtual,beberapa waktu lalu.

Sementara itu VP Product ERHA Skincare, Angelyn Bunardi menambahkan, age corrector terbukti efektif dalam meremajakan kulit sehingga wanita Indonesia dapat terlihat awet muda."Sebagai bentuk upaya kami untuk membantu lebih banyak lagi wanita," katanya.

Baca juga : Aktivitas Fisik Tetap Dianjurkan Selama Berpuasa

Penuaan dini terkadang tak disadari oleh seseorang, yang di mana hal itu bisa terjadi di usia menginjak 20 tahun. Malahan sebagian malah sadar setelah tanda penuaan itu muncul, sehingga membuatnya kurang percaya diri.

Tanda-tanda penuaan dini yang umum terjadi, serta dapat terlihat adalah garis halus dia area mata, kulit kusam, pori-pori menjadi besar hingga hilangnya elastisitas kulit yang membuatnya jadi mudah kendur.

Baca juga : Askara akan Laporkan Nindy Ayunda Atas Tuduhan Perselingkuhan

"Elastisitas kulit pun menurun, contoh sederhananya adalah bekas bantal pada wajah yang lebih lama hilang saat dewasa dibandingkan pada saat remaja," kata ERHA Product Development Manager, Yulia Lie Yanda.

Kemudian menurut survei JakPat pada April 2021, 60 persen responden wanita merasa kurang percaya diri karena gejala penuaan dini yang dialami. Sementara, kelompok wanita di usia 20an mulai merasa tertekan atau tidak nyaman karena wajah terlihat lebih tua dari umur sebenarnya.

Baca juga : Dispenser Odol Hanya Rp12.000 Bikin Semangat Sikat Gigi

Masalah penuaan dini bukan hanya memengaruhi tingkat kepercayaan diri, tapi juga berdampak pada kehidupan sosial. Tiga dampak yang paling banyak dialami adalah kesulitan bersosialisasi, mendapatkan cemooh dari orang sekitar, dan sulit menemukan pasangan.
(sal)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2125 seconds (0.1#10.140)