Persiapan Hadapi Belajar Tatap Muka, Dr Reisa Ingatkan Pentingnya PHBS

Minggu, 25 April 2021 - 17:39 WIB
loading...
Persiapan Hadapi Belajar Tatap Muka, Dr Reisa Ingatkan Pentingnya PHBS
Protokol kesehatan harus tetap dijaga saat sekolah tatap muka kembali dibuka. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Selama kurang lebih satu tahun menerapkan metode belajar daring (online) dikarenakan pandemi Covid-19 , kini proses belajar tatap muka kembali dicanangkan.

Pada November lalu Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama (Menag), Menteri Kesehatan (Menkes), dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) telah mengedarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) yang membahas penyelenggaraan sekolah tatap muka mendatang.

Rencana ini tentu menimbulkan kekhawatiran diantara para orang tua. Muncul pertanyaan-pertanyaan yang menjadi kekhwatiran diantara para orang tua.

Duta Adaptasi Kebiasaan Baru Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, dr Reisa Broto Asmoro menuturkan bahwa belakangan ini kasus Covid-19 masih tinggi kasus aktifnya tapi trennya makin menurun karena ada beberapa faktor.

Baca : Jenuh dengan Online Meeting? Begini Cara Mengatasinya!

“Ada masyarakat yang sudah lebih paham dan juga ada vaksin, kebiasaan yang timbul tentang prokes juga udah semakin baik,” ujar dr Reisa dalam webinar yang diselenggarakan Swiss German University, Sabtu (24/4).

Mengenai bahaya virus Covid-19, dr. Reisa menekankan pentingnya Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Mulai dari menjaga asupan gizi seimbang, mengkonsumsi cukup air putih,menjaga pola tidur, mengelola stress dengan melalukan berbagai hobi dan aktivitas, dan juga rutin berolahraga.

Untuk menangani Sars-Cov-2 sendiri, ia memparkan ada penambahan PHBS yang harus dilakukan yaitu protokol kesehatan 3M mencuci tangan, menjaga jarak dan juga memakai masker.

Ia juga berpesan untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan sekitar rumah, seperti menjaga sirkulasi udara dengan baik, menjaga kebersihan dapur dan menerapkan protokol kedatangan bagi setiap anggota keluarga.

“Agar anak siap menghadapi Pembelajaran tatap muka, ajarkan prokes dengan baik. Bagi anak-anak yang susah pakai masker, dibiasakan terus-terusan, ajarkan anak cara cuci tangan, jaga jarak, meskipun bertemu sahabat kamu usahakan tetap jaga jarak dan pakai masker,” ucap dr Reisa.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1887 seconds (0.1#10.140)