Wah, Ternyata Vitamin C Berfungsi Sebagai Kolagen Untuk Kulit, Ini Kata Ahli!

Jum'at, 30 April 2021 - 10:05 WIB
loading...
Wah, Ternyata Vitamin C Berfungsi Sebagai Kolagen Untuk Kulit, Ini Kata Ahli!
foto / dok istimewa
A A A
JAKARTA - Vitamin C dibutuhkan tubuh untuk menjaga sistem di dalam tubuh tetap berfungsi dengan baik, termasuk kesehatan kulit. Sayangnya vitamin C tidak bisa diproduksi oleh tubuh.

Dr. dr. Inge Permadhi, MS, SpGK (K), seorang Dokter Spesialis Gizi Klinik, menjelaskan, vitamin C juga dikenal baik untuk memelihara fungsi organ, memperbaiki jaringan tubuh yang rusak, menjaga kesehatan kulit, tulang dan gigi.

Baca juga : Cantiknya Masya Allah, 4 Penampilan Ashanty Berhijab di Bulan Ramadhan

"Vitamin C memiliki banyak fungsi. Yang pertama adalah sebagai antioksidan. Selain itu, juga dapat berfungsi sebagai kolagen yang sangat baik untuk kecantikan kulit " ungkap Inge pada konferensi pers virtual Holisticare Ester C 1000, beberapa waktu lalu.

Sayangnya vitamin ini tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh. Vitamin C juga tidak dapat disimpan dalam tubuh dalam jangka waktu lama karena merupakan vitamin larut dalam air.

Baca juga : Simpel dan Menarik, Intip 3 Gaya Hijab Awkarin di Ramadhan 2021

Sehingga untuk memenuhinya perlu adanya asupan dari luar misalnya makanan yang kaya akan vitamin C, seperti buah dan sayur. "Ini dikarenakan manusia tidak memiliki enzim gulonolaktone oksidase, yang sangat penting untuk sintesis dari prekursor vitamin C," ujar Inge.

Menurut Inge beberapa jenis buah yang merupakan sumber vitamin C alami diantarnya adalah jeruk, mangga, jambu, nanas, kiwi, tomat, stroberi, dan pepaya. Selain itu, vitamin C juga banyak terkandung di dalam sayuran seperti paprika, brokoli, kentang, dan kembang kol.

Baca juga : Tak Ragu Vaksinasi Semua Anaknya, Zaskia Adya Mecca: Ini Bentuk Ikhtiar Orangtua

Meski asupan vitamin C mudah dipenuhi dengan rutin mengonsumsi buah dan sayuran, namun vitamin ini diketahui sangat mudah rusak karena mudah teroksidasi. Inge pun memberikan tips agar vitamin C yang dikonsumsi dari buah dan sayuran dapat diserap secara optimal oleh tubuh.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1975 seconds (0.1#10.140)