Melinda French, Janda Bill Gates yang Dikenal Sangat Dermawan

loading...
Melinda French, Janda Bill Gates yang Dikenal Sangat Dermawan
Bill Gates dan Melinda memutuskan untuk berpisah dan bercerai sebagai pasangan suami-istri setelah mengarungi biduk rumah tangga selama 27 tahun. / Foto: Page Six
JAKARTA - Hari ini, Selasa (4/5), publik dunia dikejutkan dengan berita perceraian sosok pasangan Bill Gates dan Melinda . Sebagaimana diketahui Bill Gates merupakan salah satu dua orang terkaya di dunia.

Baca juga: Bercerai, Bill Gates dan Melinda Tetap Bahu Membahu Urus Gates Foundation

Keduanya memutuskan untuk berpisah dan bercerai sebagai pasangan suami-istri setelah mengarungi biduk rumah tangga selama 27 tahun.

Seperti halnya Bill Gates , sosok Melinda yang memiliki nama lengkap Melinda Ann French adalah sosok berpengaruh besar di dunia. Mengutip Womenhistrory, Selasa (4/5), Melinda Ann French lahir pada 15 Agustus 1964 sebagai anak kedua dari empat bersaudara.



Sang ayah, Raymond Joseph French Jr. merupakan engineer aerospace yang terlibat dalam misi program pesawat luar angkasa Apollo. Di usia 14 tahun, saat itu dia melihat sang ayah membeli komputer Apple 11 yang mana adalah komputer pertama yang dijual kepada konsumen.

Dari sinilah, Melinda kemudian belajar tentang pemrograman komputer. Kecintaannya pada sains dan teknologi semakin berkembang saat Melinda bersekolah di menghadiri Ursuline Academy. Kemudian setelah lulus sekolah, memutuskan mengambil jurusan ilmu komputer di Universitas Duke hingga mengambil gelar masternya di bidang bisnis.

Setelah lulus kuliah, Melinda saat itu ditawari pekerjaan di IBM, tetapi dia tolak dan memilih untuk bekerja di perusahaan software yang lebih kecil bernama Microsoft pada 1987 sebagai karyawan termuda dan satu-satunya perempuan dalam kelompok divisinya yang memiliki gelar master ilmu bisnis.

Empat bulan setelah bekerja, Melinda bertemu Bill Gates di pameran dagang PC Expo di New York. Tak lama kemudian, mereka mulai berkencan, dan menikah tujuh tahun kemudian di Lanai, Hawaii. Selama pernikahannya, pasangan ini dikaruniai tiga orang anak.

Bekerja di Microsoft sebagai manajer pemasaran, Melinda merupakan sosok penting di balik pengembangan berbagai produk multimedia seperti Microsoft Cinemania, Publisher, Word, dan Expedia.com. Melinda kemudian dipromosikan menjadi Manajer Umum Produk Informasi dan memegang jabatan tersebut hingga memutuskan resign pada 1996.

Mundur dari Microsoft, Melinda lalu menjabat sebagai Dewan Pengawas Universitas Duke dari 1996 hingga 2003. Pada 1997, Melinda memulai pekerjaan advokasi dan filantropisnya dengan ikut mendirikan Gates Library Foundation bersama Bill yang kemudian berganti nama menjadi Gates Learning Foundation. Lewat organisasi ini, Melinda dan Bill memberikan komputer dengan akses internet ke perpustakaan umum di seluruh negeri.



Lanjut di tahun 2000, Gates Learning Foundation bergabung dengan William H. Gates Foundation menjadi Bill & Melinda Gates Foundation. Didirikan dan diketuai bersama Bill dan kini sukses menjadi yayasan amal terkaya di dunia.

Tak hanya aktif di Gates Foundation, Melinda juga mendirikan Pivotal Ventures, perusahaan investasi dan inkubasi yang bergeran mendorong kemajuan sosial bagi kaum perempuan dan keluarga di Amerika Serikat.

Baca juga: Resmi Cerai, Begini Pola Asuh Bill Gates dan Melinda pada Ketiga Anaknya

Di balik titelnya sebagai salah satu orang terkaya di dunia, dikutip situs laman resmi Gates Foundation, Melinda French Gates adalah seorang dermawan, wanita inspirasional, pengusaha, dan global advocate untuk kaum perempuan dan anak-anak yang berupaya untuk meningkatkan kesetaraan tak hanya di Amerika Serikat tapi juga di seluruh dunia selama lebih dari dua dekade.
(nug)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top