Bill-Melinda Gates Cerai, Ini Sejarah Gates Foundation yang Tetap Dilanjutkan Bersama

loading...
Bill-Melinda Gates Cerai, Ini Sejarah Gates Foundation yang Tetap Dilanjutkan Bersama
Bill-Melinda Gates Cerai, Ini Sejarah Gates Foundation yang Tetap Dilanjutkan Bersama. Foto/The Verge.
JAKARTA - Bill Gates dan Melinda Gates mengumumkan perceraian mereka setelah menikah selama 27 tahun. Meski demikian, Gates Foundation akan tetap dilanjutkan bersama.

Bill terkenal sebagai pendiri Microsoft , yang memanfaatkan kekayaannya di pucuk pimpinan perusahaan. Ia bekerja sama dengan Melinda untuk membentuk Bill & Melinda Gates Foundation(B&MGFatauGates Foundation) pada tahun 2000. Sejak saat itu, Gates Foundation telah berkembang menjadi salah satu yayasan amal atau filantropi terbesar di dunia, dengan sumbangan hampir USD50 miliar setiap tahunnya.

Dilansir dari The Verge, Selasa (4/5), Bill sebelumnya telah mengundurkan diri dari posisinya di Microsoft sebagai CEO pada tahun 2000, karyawan penuh waktu pada tahun 2008, dan anggota dewan perusahaan untuk lebih fokus pada yayasannya.

Sementara itu, Melinda sebelumnya bekerja sebagai manajer pemasaran produk di Microsoft dan mengawasi sejumlah peluncuran perangkat lunak sebelum keluar pada tahun 1996. Tidak jelas apa dampak perceraian Bill dan Melinda terhadap Gates Foundation.

Baca Juga : Pernikahan Kandas, Ini Lima Momen Romantis Bill Gates bersama Melinda



Menurut pernyataan yang dirilis, keduanya masih sama-sama percaya pada misi Gates Foundation. "Kami akan melanjutkan pekerjaan bersama di yayasan," tulis Bill.

Bill dan Melinda bersama dengan sesama miliuner Warren Buffett melayani sebagai wali untuk Gates Foundation. Yayasan tersebut kini dipimpin oleh CEO Mark Suzman. Gates Foundation didirikan karena didorong oleh ketertarikan dan gairah keluarga Gates.

Tujuan utama yayasan ini adalah memperbaiki sistem kesehatan dan mengurangi kemiskinan ekstrem di seluruh dunia, dan memperluas kesempatan pendidikan serta akses ke teknologi informasi di Amerika Serikat.

Yayasan yang berpusat diSeattle, Washington ini diawasi oleh tiga wali dewan kepercayaan yakni Bill Gates, Melinda Gates dan Warren Buffett . Yayasan ini telah menyalurkan bantuan senilai USD 33,5miliarpada 31 Desember 2009.Pada tahun 2007, para pendirinya mendapat gelar filantropis paling dermawan kedua di Amerika Serikat.

Baca Juga : Melinda French, Janda Bill Gates yang Dikenal Sangat Dermawan



Pada tahun 2010, mereka mendirikan The Commission on Education of Health Professionals for the 21st Century dengan tujuan mengubah pendidikan untuk memperkuat sistem kesehatan di dunia yang saling bergantung satu sama lain.
(dra)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top