Survei: Masyarakat Indonesia Minati E-Commerce yang Cepat dan Nyaman

loading...
Survei: Masyarakat Indonesia Minati E-Commerce yang Cepat dan Nyaman
Foto Ilustrasi/Freepik
JAKARTA - Menurut survei yang dilakukan Visa, kondisi new normal telah mendorong banyak konsumen Indonesia untuk mempertimbangkan platform e-commerce sebagai sarana ideal untuk membayar kebutuhan mereka, dengan top-up dan pembayaran tagihan sebagai kategori yang paling banyak digunakan.

Menurut studi tersebut, tiga produk dan layanan terpopuler yang dibeli di platform e-commerce selama tiga bulan terakhir sampai periode survei adalah top-up dan pembayaran tagihan (49%), belanja ritel (45%), dan pemesanan makanan (34%). Pengiriman gratis (69%) serta voucher diskon (64%) adalah fitur penawaran e-commerce yang paling dicari konsumen saat melakukan pembelian.

Baca Juga: Buka Puasa di Restoran, Ini Tips Makan Bijak Agar Tidak Kalap

Presiden Direktur Visa Indonesia Riko Abdurrahman mengatakan, pandemi saat ini terus mengakselerasi pergeseran menuju perdagangan yang mengutamakan digital, diperkuat oleh terjadinya lonjakan first-time online shoppers dan belanja contactless.

“Studi kami menunjukkan banyak konsumen telah merasakan manfaat e-commerce dalam mengelola transaksi sehari-hari mereka, termasuk membayar listrik, air, telepon rumah, telepon seluler, internet, dan tagihan berlangganan lain,” sebut Riko dalam konferensi pers virtual, belum lama ini.



Studi tersebut juga mengungkapkan tiga metode pembayaran e-commerce terpopuler selama tiga bulan terakhir sampai periode survei adalah dompet digital (65%), transfer bank (30%), dan transfer ke akun virtual (27%). Sementara itu, pembayaran dengan kartu kredit dan debit terus diminati di platform e-commerce didorong penawaran diskonnya yang menarik.

Riko menambahkan, dalam kampanye 'Lebih Nyaman NonTunai', pihaknya terus aktif bermitra dengan platform e-commerce untuk mendukung pertumbuhan usaha kecil dan mikro, dengan menawarkan promosi diskon yang menarik baik bagi penjual maupun konsumen.

Baca Juga: Raffi Ahmad Bangga Rafathar Sudah Mampu Puasa Penuh

“Kami yakin inisiatif seperti ini dapat membantu konsumen untuk membeli kebutuhan sehari-hari mereka secara lokal, dan bagi UMKM sebagai tulang punggung perekonomian Indonesia untuk terus bertahan dan bertumbuh di masa-masa yang penuh tantangan ini,” pungkas Riko.
(tsa)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top