alexametrics

10 Permukiman Tertinggi di Dunia

loading...
10 Permukiman Tertinggi di Dunia
Salah satu perilaku manusia yang paling aneh adalah hidup di tempat tinggi. Syahdan, ketika banyak tanaman dan hewan tidak dapat bertahan hidup, manusia justru berhasil beradaptasi dan menetap. Ilustrasi/SINDOnews/Titus Jefika Heri Hendarmawan
A+ A-
SALAH satu perilaku manusia yang paling aneh adalah hidup di tempat tinggi. Syahdan, ketika banyak tanaman dan hewan tidak dapat bertahan hidup, manusia justru berhasil beradaptasi dan menetap di komunitas pada ketinggian yang ekstrem. Berikut setidaknya 10 kota tertinggi di dunia.

1. La Rinconada, Peru





Kota ini terletak 5.098 meter di atas permukaan laut atau di ketinggian 16.728 kaki. Di majalah National Geogaphic kota ini dianggap sebagai kota paling tinggi di dunia. Terletak di Distrik Ananea, Provinsi San Antonio de Putina. Pada 2012 kota memiliki penduduk 50.000 orang. Sangat besar diantara kota yang terletak di ketinggian. Meningkatnya populasi di kota ini mungkin disebabkan oleh letak kota yang dekat dengan pertambangan emas. (Baca juga: Kota-kota Terbesar dalam Sejarah Manusia, dari Ur hingga Tokyo)

2. Wenquan, China



Wenquan adalah kota kecil di Provinsi Qinghai, China yang letaknya belasan kilometer sebelah utara Pegunungan Tanggula. Kota ini ditemukan tahun 1955 dengan ketinggian 4.870 meter diatas permukaan laut. Kota ini masuk Guinness Book Record sebagai salah satu kota paling tinggi di dunia.

3. Karzok, India



Kota ini adalah kota tertinggi di India. Terletak di negara bagian Jammu dan Kashmir dengan ketinggian 4.572 meter di atas permukaan laut. Wilayah kota ini lumayan kering. Namun pemandangan kota ini sangat menakjubkan. Untuk penduduknya diperkirakan hanya berjumlah 1.291 jiwa. (Baca juga: Ide 'Gila' Megaproyek Terowongan dan Jembatan Antarbenua)

4. Parinacota, Chile



Kota ini terletak di provinsi yang sama dengan nama kota ini. Terletak di ketinggian 4.400 meter di atas permukaan laut. Kota yang menjadi kota tertinggi kedua di Amerika Selatan pada sensus tahun 2002 hanya memiliki penduduk 29 orang.

5. Dolpa, Nepal



Kota ini terletak di Provinsi Karnali, dengan ketinggiaan 4.358 meter di atas permukaan laut. Luas kota ini lumayan kecil yakni 7.889 km persegi dan memiliki penduduk mencapai 36.700 jiwa. Walaupun luasnya kecil, tapi lingkup area ketinggian kota ini dari 1.525 sampai 7.625 meter.

6. Mina Pirquitas di Argentina



Kota ini letaknya di Provinsi Jujuy. Dengan ketinggian 4.340 meter di atas permukaa laut menjadkan kota ini paling tinggi di Argentina dan ketiga tertinggi di Amerika Selatan. Karena menjadi salah satu lokasi tambang, kota ini hanya dihuni para pekerja dari pertambangan sekitar kota.

7. Colquechaca, Bolivia



Kota ini adalah kota paling tinggi di Bolivia yang merupakan negara bekas jajahan Spanyol di Amerika Selatan. Lokasinya 4.169 meter di atas permukaan air laut. Menurut sensus tahun 2002, penduduk kota ini tercatat 4.772 orang. Kota ini pun tidak terlalu rapi dan terkesan seperti kota kecil pada umumnya di negara berkembang.

8. Qarabolaq, Afghanistan



Terletak di Distrik Wakhan, kota ini lokasinya cukup tinggi. Mencapai 4.138 meter atau sekitar 4,1km diatas permukaan laut. Penghuni kota kecil ini hanya 1.800an orang saja. Orang luar yang akan berkunjung ke kota ini disarankan untuk lebih berhati-hati mengingat wilayah Afghanistan saat ini masih menjadi wilayah konflik. (Baca juga: 10 Negara dengan Harga Properti Paling Mahal di Dunia)

9. Chatyndy, Kyrgyztan



Kota ini terletak di ketinggian 4.012 meter di atas permukaan laut. Karena lokasinya di Asia Tengah membuat kota ini agak kering iklimnya. Sehingga penduduk kota ini tidak terlalu padat. Seperti kebanyakan wilayah yang berada di dataran tinggi dimana infrastrukturnya masih terbatas. Bayangkan saja untuk pergi ke bandara terdekat saja harus menempuh jarak 109,6 km.

10. Laya, Bhutan



Seperti diketahui, lokasi Bhutan berada di dataran tinggi. Hal itu tak mengherankan apabila kota-kota di negara ini juga berlokasi di dataran tingi. Salah satunya Kota Laya yang terletak di Distrik Gasa, Bhutan bagian barat laut. Ketinggian kota yang termasuk kota kecil ini mencapai 3.820 meter atau hampir 4 km daiatas permukaan laut

Sumber: www.worldatlas.com

Kota-kota Tertinggi di Dunia
Nama Kota Negara Ketinggian (kaki)*
1. La Rinconada Peru 16.728
2. Wengquan China 15.980
3. Korzok India 15.000
4. Parinacota Chile 14.435
5. Dolpa Nepal 14.301
6. Mina Pirquitas Argentina 14.240
7. Colquechaca Bolivia 13.680
8. Qarabolaq Afghanistan 13.579
9. Chantyndy Kyrgyzstan 13.166
10. Laya Bhutan 12.533

*ketinggian di atas permukaan laut
(poe)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak