10 Permukiman Tertinggi di Dunia

Minggu, 24 Mei 2020 - 11:47 WIB
loading...
10 Permukiman Tertinggi di Dunia
Salah satu perilaku manusia yang paling aneh adalah hidup di tempat tinggi. Syahdan, ketika banyak tanaman dan hewan tidak dapat bertahan hidup, manusia justru berhasil beradaptasi dan menetap. Ilustrasi/SINDOnews/Titus Jefika Heri Hendarmawan
A A A
SALAH satu perilaku manusia yang paling aneh adalah hidup di tempat tinggi. Syahdan, ketika banyak tanaman dan hewan tidak dapat bertahan hidup, manusia justru berhasil beradaptasi dan menetap di komunitas pada ketinggian yang ekstrem. Berikut setidaknya 10 kota tertinggi di dunia.

1. La Rinconada, Peru



Kota ini terletak 5.098 meter di atas permukaan laut atau di ketinggian 16.728 kaki. Di majalah National Geogaphic kota ini dianggap sebagai kota paling tinggi di dunia. Terletak di Distrik Ananea, Provinsi San Antonio de Putina. Pada 2012 kota memiliki penduduk 50.000 orang. Sangat besar diantara kota yang terletak di ketinggian. Meningkatnya populasi di kota ini mungkin disebabkan oleh letak kota yang dekat dengan pertambangan emas. (Baca juga: Kota-kota Terbesar dalam Sejarah Manusia, dari Ur hingga Tokyo )

2. Wenquan, China



Wenquan adalah kota kecil di Provinsi Qinghai, China yang letaknya belasan kilometer sebelah utara Pegunungan Tanggula. Kota ini ditemukan tahun 1955 dengan ketinggian 4.870 meter diatas permukaan laut. Kota ini masuk Guinness Book Record sebagai salah satu kota paling tinggi di dunia.

3. Karzok, India



Kota ini adalah kota tertinggi di India. Terletak di negara bagian Jammu dan Kashmir dengan ketinggian 4.572 meter di atas permukaan laut. Wilayah kota ini lumayan kering. Namun pemandangan kota ini sangat menakjubkan. Untuk penduduknya diperkirakan hanya berjumlah 1.291 jiwa. (Baca juga: Ide 'Gila' Megaproyek Terowongan dan Jembatan Antarbenua )
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4274 seconds (0.1#10.140)