Tetap Jaga Pola Makan Sehat saat Lebaran, Begini Caranya!

Kamis, 13 Mei 2021 - 23:00 WIB
loading...
Tetap Jaga Pola Makan Sehat saat Lebaran, Begini Caranya!
Konsumsi menu lebaran yang tinggi lemak harus dibatasi. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Hari Raya Idul Fitri selalu menjadi hari yang ditunggu-tunggu bagi umat muslim. Masyarakat pun menyambutnya dengan menyediakan aneka hidangan spesial, mulai dari rendang, opor, hingga semur. Sayangnya hampir semua menu lebaran tinggi lemak.

Bila dikonsumi berlebihan, tentu saja ini bisa berdampak bagi kesehatan. Merangkum dari channel YouTube Pertamina, Kamis (13/5/2021), berikut tips menjaga pola makan saat Hari Raya Idul Fitri menurut, Spesialis Gizi Rumah Sakit Pusat Pertamina, dr. Diani Adrina , Sp.GK.

Baca Juga : Tips Sehat Berlebaran, Kurangi Porsi Nasi dan Hindari Terlalu Banyak Makanan Berminyak

“Pola makan kita saat Idul Fitri memang harus dijaga. Karena setelah satu bulan berpuasa kita berharap bisa beridul fitri dalam keadaan yang sehat. Sebagaimana kita sedang tidak berpuasa, kita makan tiga kali sehari,” terang dr. Diana.

Lebih lanjut, pada saat Idul Fitri pun demikian. Seseorang bisa mengonsumsi makanan sebanyak tiga kali sehari. Menurutnya waktu yang tepat untuk sarapan adalah setelah salat Ied, diikuti dengan makan siang setelah salat dzuhur, dan makan malam usai salat magrib.

Baca Juga : Waspada Stroke saat Lebaran, Kenali Faktor Risiko dan Penanganannya

“Tidak ada yang salah jika kita mengonsumsi ketupat dengan lauknya yang mungkin ada santannya tapi tetap ada sayur itu wajib dan harus ada buah. Jadi dengan begitu kita akan tetap mendapatkan kebutuhan yang sesuai dengan yang diperlukan untuk menjaga kesehatan,” tuntasnya.
(wur)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3936 seconds (11.97#12.26)