Ini Berbagai Manfaat Kesehatan dari Daun Ketumbar

loading...
Ini Berbagai Manfaat Kesehatan dari Daun Ketumbar
Daun ketumbar memberikan manfaat kesehatan yang luar biasa termasuk mengatur kadar gula darah, melindungi hati dan ginjal, serta memberi sifat antioksidan. / Foto: ilustrasi/ist
JAKARTA - Ketumbar, bahan yang harus ada dalam masakan India. Secara ilmiah disebut coriandrum sativum dan termasuk dalam keluarga apiaceae, yang secara alami merupakan sumber nutrisi .

Baca juga: Tak Hanya 3M, Penting Cegah Penularan Covid-19 dengan 3C

Daun ketumbar yang dalam bahasa India disebut dhaniya, adalah bagian tak terpisahkan dari masakan India, baik itu dalam sup, salad, rasam, kari, dan sebagainya. Daun ketumbar memberikan manfaat kesehatan yang luar biasa termasuk mengatur kadar gula darah, melindungi hati dan ginjal dan memberikan sifat antioksidan yang berguna.

Menukil dari netmeds, ketumbar pada dasarnya adalah tanaman lunak, dengan ketinggian 50 meter. Batangnya hijau dan memiliki daun lebar yang akan berkembang menjadi bunga putih atau merah muda. Daun ketumbar sangat baik untuk tujuan pengobatan.



Daun ketumbar menunjukkan profil nutrisi yang mengesankan, tinggi protein dan serat makanan, dengan kolesterol dan lemak jenuh yang dapat diabaikan. Selain itu, mereka juga kaya akan vitamin dan mineral penting seperti vitamin A, vitamin C, vitamin E, seng, kalsium, magnesium, zat besi dan fosfor.

Selain itu, daun ketumbar memiliki zat antioksidan kuat seperti karotenoid, flavonoid, dan antosianin, yang meningkatkan fungsi anti-inflamasi dan anti-mikroba. Berikut beberapa manfaat luar biasa daun ketumbar bagi kesehatan.

1. Menjaga kesehatan mata

Daun ketumbar mengandung banyak vitamin A, selain vitamin C, vitamin E dan antioksidan kelas karotenoid, yang meningkatkan penglihatan. Daun ini juga efektif dalam menyembuhkan konjungtivitis dan gangguan penglihatan degeneratif terkait usia dan makula.

2. Meringankan diabetes

Tingkat serat makanan dan protein yang signifikan dalam daun ketumbar membantu mengatur kadar gula darah. Minum segelas kecil jus ketumbar dengan sedikit infus lemon dan madu dapat mengontrol nafsu makan, meningkatkan penurunan berat badan, dan meringankan gejala diabetes.



3. Mengobati disfungsi hati

Jumlah alkaloid dan flavonoid yang kaya dalam daun ketumbar membantu menyembuhkan penyakit hati seperti penyakit kuning dan gangguan empedu. Selain itu, mereka juga memberikan sifat hepatoprotektif yang berguna untuk meningkatkan fungsi hati dan melancarkan pembuangan racun dari tubuh.

4. Menjaga kesehatan tulang

Daun ketumbar mengandung kalsium, magnesium, dan fosfor. Makan daun ini dapat meningkatkan kepadatan tulang dan meredakan nyeri sendi pada arthritis dan osteoporosis.

Baca juga: Kembali Gairahkan Musik Dangdut, Menparekraf Sandi Gandeng Pelaku Ekraf

5. Mengatasi masalah perut

Antosianin dalam daun ketumbar meningkatkan kualitas anti-inflamasi, yang membantu penyembuhan sakit maag dan gangguan pencernaan. Selain itu, mengonsumsi daun ketumbar juga meningkatkan kadar sekresi mukosa lambung, yang melindungi dinding lambung dari asam kuat.
(nug)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top