Apa yang Terjadi jika Kita Mengonsumsi Vitamin dan Mineral Berlebihan?

Sabtu, 22 Mei 2021 - 17:01 WIB
loading...
Apa yang Terjadi jika Kita Mengonsumsi Vitamin dan Mineral Berlebihan?
Apa dampaknya bagi tubuh jika vitamin dan mineral dikonsumsi secara berlebihan oleh seseorang? / Foto: ilustrasi/ist
A A A
JAKARTA - Vitamin dan mineral memang sangat diperlukan tubuh, terlebih pada saat pandemi Covid-19 seperti sekarang ini. Mengonsumsi vitamin dan mineral dapat meningkatkan imunitas tubuh guna mencegah terinfeksi Covid-19.

Baca juga: Sering Mengonsumsi Vitamin Secara Berlebihan, Cita Citata Ngaku Idap Gejala Autoimun

Namun apa dampaknya bagi tubuh jika vitamin dan mineral dikonsumsi secara berlebihan oleh seseorang? Merangkum dari WebMD, Sabtu (22/5), terlalu banyak mengonsumsi vitamin C atau zinc dapat menyebabkan mual, diare, dan kram perut.

Sementara jika seseorang terlalu banyak mengonsumsi selenium, maka dapat menyebabkan rambut rontok, gangguan pencernaan, kelelahan, dan kerusakan saraf ringan. Meskipun memiliki efek samping yang cukup merugikan, namun kebanyakan orang tidak mengonsumsi vitamin dan mineral dalam dosis tinggi.

Apabila seseorang mengonsumsi sereal saat sarapan, serta mengonsumsi energi bar antara waktu makan, dan mengonsumsi pasta untuk makan malam, maka kondisi tersebut sudah memenuhi jumlah asupan nutrisi harian yang direkomendasikan.

Ilmuwan Peneliti di Kantor Suplemen Diet National Institutes of Health, Johanna Dwyer, RD mengatakan, mengonsumsi makanan yang tidak difortifikasi bisa menjadi pilihan terbaik untuk menghindari kelebihan vitamin dan nutrisi harian.

"Sangat sulit seseorang kelebihan vitamin dan mineral hanya dari makanan saja," terang Dwyer.

Lebih lanjut, Dwyer mengatakan, banyak masyarakat tidak menyadari bahwa mengonsumsi banyak vitamin dan mineral justru tidak mendatangkan keuntungan nyata. Justru hal tersebut akan membawa kerugian yang nyata bagi kesehatan.

"Jika Anda mengonsumsi suplemen, pertahankan yang tidak lebih dari nilai harian," ujar lanjut Dwyer.

Nilai harian adalah jumlah vitamin atau nutrisi yang harus dipenuhi seseorang untuk memperoleh kesehatan yang optimal. Terkait dengan hal tersebut, dokter mengatakan bahwa vitamin, mineral, serta dosis yang digunakan juga harus diperhatikan. Oleh sebab itu, peran dokter sangat penting untuk menjaga dosis pada takaran yang aman.

Baca juga: Yuk Intip Outfit Tujuh Anggota BTS di Video Musik Butter

"Jika Anda mengonsumsi multivitamin dasar, tidak perlu takut mengonsumsinya terlalu banyak," terang Wakil Presiden Senior Urusan Ilmiah dan Regulasi Council for Responsible Nutrition, Andrew Shao, PhD.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1195 seconds (0.1#10.140)